-->

Poltesa Mewisuda 357 Lulusan Angkatan ke-12

Editor: Admin author photo

Ket: Gubernur Kalbar Sutarmidji dan Wakil Bupati Sambas Fahrur Rofi menghadiri wisuda Poltesa Sambas. Senin (26/9/2022)

Kabarsambas.com - Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) melaksanakan Upacara Sidang Terbuka Senat dalam rangka Wisuda Program D-III Angkatan ke-12, dan Wisuda Program D-IV Angkatan ke-5 Tahun Akademik 2021/2022 bertempat di Aula Utama Poltesa, Senin (26/9/2022). 


Dalam sambutannya Wakil Bupati Sambas, Fahrur Rofi, S.I.P., M.H.Sc., mengucapkan selamat dan sukses kepada wisudawan-wisudawati Poltesa yang telah diwisuda sebanyak 375 orang. 


"Saya ucapkan selamat kepada seluruh wisudawan-wisudawati yang alhamdulillah pada hari ini yang diwisuda angkatan ke 5 untuk D4 dan angkatannke 12 untuk D3," ucap Wabup. 


Dikatakan oleh Rofi, bahwa ia sangat mengapresiasi kinerja dari kampus Poltesa dan harapnya produktivitas terus dilanjutkan untuk membangun Kabupaten Sambas yang Berkemajuan. 


"Kami mengapresiasi sekali kedepannya mudah-mudahan kinerja dari Poltesa yang baik ini terus berlanjut dan kerja sama yang produktif kedepannya akan terus kita lakukan dalam membangun Kabupaten Sambas yang Berkemajuan," kata Rofi. 


Wakil Bupati Sambas menuturkan wisudawan-wisudawati yang akan meninggalkan wadah selama menjadi mahasiswa untuk terus berkarya dengan sebaik-baiknya dan bermanfaat untuk banyak orang lain. 


"Kampus ini adalah alamnya para cendikiawan-cendikiawan, setelahnya adik-adik mahasiswa yang meninggalkan kampus teruskan untuk berkarya dan dapat bermanfaat kedepannya untuk Kabupaten Sambas, masyarakat setempat, dan teruslah berkiprah dimanapun berada," tuturnya. 


Ia berpesan kepada wisudawan-wisudawati untuk mengubah status di KTP dan KK, sebagai bukti bahwa mereka telah menyumbang angka IPM Kabupaten Sambas. 


"Pesan saya yang terakhir saya kepada adik-adik mahasiswa yang lulus pada hari ini untuk mengubah KTP dan KK, karena ini sangat penting sebagai hari ini adik-adik telah wisuda dan menyumbangkan IPM," tutupnya. 


Direktur Politeknik Negeri Sambas, Yuliansyah, S.E., M.E dalam sambutannya mengatakan sebanyak 375 mahasiswa yang diwisuda merupakan mahasiswa yang berasal dari 9 prodi yang ada di kampus Poltesa yang terdiri dari jenjang D3 dan D4. 


"Berdasarkan data dari BAKPSI Politeknik Negeri Sambas, jumlah wisudawan-wisudawati Poltesa pada tahun Akademik 2021/2022 sebanyak 375 orang yang tersebar pada 9 prodi , dengan jumlah wisudawan per prodi D4 TMM (44 orang), D4 Prodi Akuntansi Keuangan Perusahaan (62 ), D4 Manajemen Bisnis Pariwisata (42) ,D4 Agro industry Pangan (33), D4 Agribisnis Perikanan dan Kelautan (16), D4 Teknik Mesin Pertanian (14), dan D3 Agrobisnis (49), D3 Manajemen Informatika (75), dan D3 Teknik Mesin (40) yang alhamdulillah beberapa hari sebelumnya sudah di Yudisium," katanya. 


Yuliansyah juga menyampaikan bahwa hingga saat ini terdapat 2011 orang yang menjadi mahasiswa aktif di kampus dan total alumni yang sudah lulus sejumlah 3347 orang. Setiap tahunnya calon mahasiswa yang mendaftarkan diri di Poltesa juga semakin meningkat. 


"Perlu juga Kami sampaikan kepada Bapak Gubernur dan para hadirin semua bahwa jumlah mahasiswa aktif Politeknik Negeri sambas pada saat ini sebanyak 2011 mahasiswa. Dan total jumlah alumni kita sebanyak 3347 lulusan dari tahun lulusan pertama sampai lulusan wisudawan hari ini,” ujarnya.


”Perkembangan peminat dan pendaftar pada Poltesa ini juga menunjukan tren peningkatan yang cukup signifikan, meskipun tidak merata pada setiap program studi. Berdasarkan data terakhir jumlah pendaftar pada Poltesa meningkat dari 1224 calon mahasiswa menjadi di angka 1700 an sampai penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2022-2023 kemarin. Disisi lain jumlah Sumber daya Manusia dosen dan Tenaga Kependidikan sebanyak 91 Dosen ASN, dan 79 tenaga kependidikan (ASN dan PPNPN)," tambahnya.


Saat ini dikatakan oleh Direktur Poltesa bahwa sudah memasuki fase demografi, yang mana dari tantangan binhs demografi tersebut harus dijadikan peluang untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas. 


"Kita sekarang memasuki fase bonus demografi. Tantangan kita saat ini dan kedepan adalah menjadikan bonus demografi ini sebuah peluang untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas kita agar mampu mendorong percepatan pembangunan yang pada akhirnya mampu mensejahterakan kita semua," imbuhnya. 


Untuk meningkatkan IPM dan SDM yang ada di Kalimantan Barat khususnya di Kabupaten Sambas, harus memiliki daya saing lokal dan global agar dapat memanfaatkan SDA secara optimal. Intinya Poltesa selalu siap menjadi bagian dalam mendukung, berpartisipasi dan siap berkontribusi bergandeng bahu merealisasikan rencana-rencana strategis pemerintah kedepannya. 


"IPM dan SDM Kalimantan Barat harus terus meningkat dari pendidikan dasar, menengah hingga perguruan tinggi. SDM Kalbar juga harus memiliki daya saing lokal dan global untuk dapat memanfaatkan sumber daya alam (SDA) secara optimal. Pemerintah saat ini begitu masif dengan pembangunan infrastruktur itu tidak lain dalam rangka sebagai stimulus dan pemantik terhadap daya dukung sektor-sektor lain (Jembatan Sungai Sambas Besar, InsyaAllah termasuk pembangunan infrastruktur dan Sektor-sektor lainnya yang sudah dilakukan oleh pemerintah harus mampu di sinergikan oleh Politeknik Negeri Sambas melalui Dosen dan Mahasiswa agar dapat menangkap peluang dan potensi ini melalui Penelitian-penelitian Dosen dan Mahasiswa serta Program-Program Kampus Poltesa yang dapat disoundingkan dengan Program Pemprov Kalbar dan Program Pemkab Sambas, dan saya yakin Pemprov Kalbar dan Pemkab Sambas dapat mensuport Perguruan Tinggi yang ada di Sambas dengan dukungan Anggaran dan Program kerjasama lainnya," jelasnya Yuliansyah. 


Selain meningkatkan IPM dan SDM, mahasiswa yang baru saja lulus tersebut diharapkan menjadi pelopor dan penggerak dengan skill dan pengetahuan yang sudah dibekali selama perkuliahan. 


"Mengingat Potensi besar yang dimiliki Kabupaten Sambas, maka peran para lulusan Poltesa akan sangat penting, karena Lulusan Pendidikan Vokasi ini merupakan lulusan siap pakai yang telah dibekali dengan skil dan pengetahuan, apalagi di era sekarang ini, dimana segalanya serba digital. Dari sekarang para sarjana harus bersiap-siap menghadapi dan memasuki era tersebut. Yakni dengan terus belajar dan meningkatkan SDM serta komptensi, menjadi pelopor dan penggerak di berbagai sektor pembangunan sesuai dengan minat, bakat dan profesi masing-masing," harap Yuliansyah. 


Ia berpesan kepada wisudawan-wisudawati Poltesa, bahwa kampus menunggu kontribusi dari para sarjana untuk mengaplikasikan pengetahuan dan skill yang telah mereka peroleh selama di bangku perkuliahan. 


"Peran dan kontribusi para sarjana Poltesa akan senantiasa ditunggu, bagaimana kemampuannya mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang diperoleh selama duduk di perguruan tinggi. Untuk itu saya mengajak kepada para lulusan Poltesa untuk selalu dapat berkarya, dan jangan pernah berhenti untuk berinovasi, dan persembahkan segala kreativitas kalian untuk kemajuan dan kejayaan bangsa ini, negara Indonesai yang kita Cintai. Semoga Poltesa dapat menjadi Garda Terdepan dalam meningkatkan Kualitas Pendidikan, dan IPM di Kalimantan Barat," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini