-->


Pantau “Ngamping” di Desa Lonam, Fahrur Rofi Ajak Masyarakat Melestarikan Tradisi Budaya

Editor: Admin author photo

Ket: Wakil Bupati Sambas Fahrur Rofi ikut dalam proses pembuatan amping. Selasa (6/9/2022) di desa lonam kecamatan Pemangkat 

Kabarsambas.com - Wakil Bupati Sambas, Fahrur Rofi, S.I.P., M.H.Sc., menyempatkan diri melihat secara langsung proses pembuatan amping yang dikelola Kelompok Wanita Tani (KWT) di Desa Lonam, Kecamatan Pemangkat, Selasa (6/9/2022).


Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Sambas didampingi Ketua GOW Sambas, Puspa Rahayu, Camat Pemangkat, Sherly Narulita, Ketua Persit Kodim 1208 Sambas, serta Kapolsek Pemangkat.


Fahrur Rofi, S.I.P., M.H.Sc., mengatakan bahwa pembuatan amping merupakan kegiatan yang sudah dilaksanakan secara turun temurun dari para petani.


"Ini merupakan khazanah Kabupaten Sambas karena mayoritas penduduknya adalah petani, jadi tidak jauh dari adat istiadat ngamping," katanya.


Dia meminta kepada masyarakat agar tradisi ngamping tetap dijaga, karena amping juga merupakan makan tradisional khas Sambas yang harus dijaga dan terus dilestarikan 


"Ini contoh makanan atau Snack tradisional yang biasa dikonsumsi masyarakat Sambas dan saya ingin tradisi ini bisa dijaga," pinta Wakil Bupati Sambas.


Wakil Bupati Sambas menegaskan bahwa ngamping juga merupakan sebuah budaya yang melibatkan banyak orang, serta memiliki filosofi tersendiri bagi masyarakat Kabupaten Sambas.


"Karena ini merupakan kearifan lokal yang kaya akan filosofi gotong royong dan ini juga merupakan bentuk ungkapan syukur kepada Tuhan yang Maha Esa atas panen yang melimpah," tegasnya.


Rofi berharap budaya ngamping tidak akan putus dan harus dapat diteruskan sampai generasi selanjutnya, karena ngamping juga merupakan ciri khas bagi masyarakat Kabupaten Sambas.


"Saya harap, acara ngamping ini bisa terus dilestarikan dan diturunkan kepada generasi muda sehingga identitas kabupaten Sambas tidak hilang," pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini