Normalisasi Sungai Pemangkat, Bupati Satono Tuai Apresiasi Warga

Editor: Admin author photo
Ket: Pengerukan sungai kota Pemangkat.

Kabarsambas.com - Sejumlah warga pemangkat mengapresiasi Langkah Bupati Sambas dalam menanggapi keluhan serta permintaan warga untuk melakukan pengerukan atau normalisasi sungai di Kecamatan Pemangkat, Kamis (29/9/2022).


Sebelumnya warga mengeluhkan sungai yang mengalami kepadatan oleh penumpukan lumpur dan tidak ada tindakan bertahun-tahun lamanya, akibatnya jalur air terhalang dan sering menyebabkan banjir.


Tidak hanya itu tumpukan lumpur disungai tersebut juga mengeluarkan bau tidak sedap yang membuat warga sekitaran sungai merasa tidak nyaman serta membuat nelayan sulit untuk beraktivitas.


Satu diantara nelayan Kecamatan Pemangkat, Asmadi menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Bupati Sambas, H. Satono, S.Sos.I., M.H., yang sudah mendengarkan keluhan warga Kecamatan Pemangkat khususnya para nelayan.


“Kami mengucapkan terimakasih kepada Bupati Sambas, yang telah memberikan perhatian kepada kami warga Pemangkat yang bekerja sebagai nelayan,” katanya.


Dirinya menjelaskan, bahwa normalisasi sungai itu memberikan dampak bagus kepada para nelayan dan warga, sehingga dipintanya pengerukan dilakukan dengan kedalaman yang cukup sampai pada pinggiran dermaga untuk kepentingan nelayan.


“Sungai Pemangkat ini dari saya kecil tidak pernah digali dan didalami, sementara lumpurnya terus naik, Yang paling penting bagi kami sebagai nelayan dermaga ini lebih didalami supaya lebih ramai yang bisa menggunakannya,” jelas Asmadi.


“Selain kegunaannya untuk saluran air, itu juga digunakan oleh nelayan untuk lalu lintas keluar masuknya nelayan khususnya nelayan kecil,” tambahnya.


Warga Pemangkat dengan sapaan Pak Long merasa bahagia setelah sungai yang sudah lama dangkal akhirnya dikerok demi kelancaran jalur air dan kepenting nelayan, hal tersebut dikatakannya merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Daerah terhadap masyarakatnya.


“Kami warga pemangkat berterimakasih banyak atas pengerukan sungai ini, inilah kemauan masyarakat saluran air lancar, sehingga nantinya tidak terjadi banjir lagi, lalu lalang nelayan jadi lebih mudah dan sungai tidak dangkal lagi,” sampainya.


Dia menegaskan bahwa hal tersebut merupakan komitmen Bupati Sambas untuk mendorong pembangunan infrastruktur, perekonomian, hingga SDM, dengan tegas Pak Long memberikan dukungan terhadap Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Sambas.


“Kami sangan mendukung program Sambas Berkemajuan apa yang diberikan kepada masyarakat ini kelihatan, jadi ada rasa kepedulian dari Bupati,” Pungkasnya. (Sai)
Share:
Komentar

Berita Terkini