-->

Dinkes Sambas Berupaya Pemenuhan Dokter Di Pukesmas

Editor: Admin author photo

Ket: Kepala Dinas Kesehatan Sambas, Urai Hendy Wijaya 

Kabarsambas.com – Dalam mendukung Program sehat satono – Rofi (Prosesar). Dinas Kesehatan Kabupaten sambas berupaya untuk melakukan pemindahan tenaga dokter PNS dari tempat lain. Hal ini agar pemenuhan dokter di puksesmas yang ada di kabupaten sambas sesuai dengan kebutuhan.


Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas Urai Hendy Wijaya SKM, MPH menyebutkan bahwa semua puskesmas pada saat ini sudah memiliki tenaga Dokter Umum. 


"Akan tetapi, ada puskesmas rawat inap yang masih memiliki tenaga Dokter 1 orang yaitu Puskesmas Tebas," Ujarnya


"Berbagai upaya sudah dilakukan oleh Dinas Kesehatan terkait pemenuhan tenaga Dokter Umum berupa pengusulan Dokter Umum CPNS/ASN, Nusantara Sehat penugasan khusus dari Kementrian Kesehatan, Dokter Kontrak daerah maupun Kontrak BLUD,” Katanya. 


Kadinkes Urai Hendy juga mengatakan bahwa upaya yang akan segera dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas terkait pemenuhan Dokter Umum di Puskesmas Tebas adalah dengan cara pengusulan pemindahan Tenaga Dokter PNS dari puskesmas lain dengan cara berkoordinasi ke Kepala BKPSDMAD Kabupaten Sambas.


"Mengingat pemindahan tenaga PNS merupakan kewenangan BKPSDMAD Kabupaten Sambas."jelasnya


Kadinkes Urai Hendy Wijaya juga menyampaikan berdasarkan Peraturan Menkes RI No. 43 Tahun 2019 tentang Puskesmas. Ketentuan jumlah tenaga Dokter Umum di puskesmas rawat inap seharusnya 2 orang. 


"Jumlah total Puskesmas di Kabupaten Sambas sebanyak 28 Puskesmas dengan rincian 11 puskesmas rawat inap dan 17 puskesmas non rawat inap,” Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini