-->

Bupati Satono Terima Arahan Presiden Guna Cegah Inflasi di Daerah

Editor: Admin author photo

Ket: Bupati Sambas H Satono saat bersama Presiden RI Joko Widodo. Kamis (29/9/2022)

Kabarsambas.com - Bupati Sambas H Satono menghadiri undangan Presiden RI Joko Widodo dalam agenda Pengarahan Presiden RI tentang inflasi Daerah. Kamis (29/9/2022) di Jakarta 


Dalam kegiatan tersebut, Bupati Satono juga menyempatkan bersilaturahmi langsung dengan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.


Bupati Sambas H Satono mengatakan dalam agenda tersebut Presiden RI Joko Widodo menyampaikan sepuluh arahan terkait Inflasi Daerah. 


"Ya, saya bersama kepala daerah lainnya mendapatkan undangan dari Presiden RI dalam agenda arahan langsung terkait arahan tentang inflasi daerah," ujarnya.


Disampaikan Bupati Sambas sepuluh arahan tersebut yang pertama yakni keadaan dunia sekarang penuh dengan ketidakpastian maka segala kemungkinan bisa saja terjadi.


"Arahan kedua terdapat 82 negara dengan 350 juta manusia terancam menderita kekurangan pangan akut, ketiga sebanyak 19.700 orang di dunia ini setiap hari meninggal karena kelaparan. Tentu ini harus kita waspadai, dan harus dicarikan langkah solusinya," kata Bupati.


Arahan ke empat dilanjutkan Bupati Satono terkait BBM dimana Indonesia baru menyesuaikan harga BBM ini menandakan tak hanya Indonesia namun dunia mengalami krisis BBM dan krisis finansial bahkan negara Inggris saja mengajukan dalam APBN nya.


" Ya, terkait BBM juga dirasakan di Kabupaten Sambas," ujarnya.


Kemudian arahan presiden tentang inflasi daerah yang kelima diprediksi pada tahun 2023 kedepan akan terjadi badai besar yang salah satunya akibat dari terjadi resesi perang Ukraina dan Rusia.


"Sedangkan arahan ke enam momok terbesar semua negara termasuk Indonesia adalah inflasi mencapai diatas 8 persen," katanya.


Selanjutnya arahan ke tujuh Indonesia harus kompak dari pusat sampai daerah berkolaborasi dalam berbagai hal agar inflasi di Indonesia bisa terkendali.


Kedelapan diprediksi inflasi volatile food atau inflasi barang dan jasa yang perkembangan harganya sangat bergejolak. Sembilan gunakan DTT dalam mengantisipasi hal tersebut dan terakhir harus mengurus ongkos transportasi dari produksi sampai ke pasar.


"Itulah sepuluh arahan presiden RI Joko Widodo terkait Inflasi daerah," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini