-->

Bupati Satono Melakukan Peremajaan Kelapa Sawit Rakyat Di Kecamatan Subah

Editor: Admin author photo

Ket : Bupati Sambas H Satono bersama istri Yunisa Satono saat melaksanakan peremajaan kelapa sawit milik rakyat. Sabtu (3/9/2022)

Kabarsambas.com - Bupati Sambas, Satono melaksanakan Peremajaan Kelapa Sawit Rakyat (Replanting).

Replanting tersebut milik Kelompok Tani Berkah Jaya, Desa Sungai Sapak, Kecamatan Subah. Sabtu (3/9/2022). 

Selain Satono hadir juga dalam acara tersebut Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Barat, Muhammad Munsif Sekertaris Daerah Kabupaten Sambas, Ferry Madagaskar, Ketua TP PKK Kabupaten Sambas, Yunisa Satono, Unsur Forkopimda, Anggota DPRD Sambas, Camat Subah, dan Kepala Desa Sungai Sapak. 

Bupati Satono mengatakan bahwa Kecamatan Subah memiliki potensi besar untuk mengembangkan sektor perkebunan. Selain Kelapa Sawit, lahan perkebunan di Kecamatan Subah dapat dimanfaatkan sebagai lahan pertanian, sehingga dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Subah ini daerah sawit, perkebunan sawit luar biasa, tapi saya ingatkan selain sawit sektor lain juga harus diperhatikan holtikultura, pangan. Dunia sekarang ini sedang terancam krisis pangan, beras, padi kebutuhan pokok bagi masyarakat," kata Bupati Satono.

Bupati Satono ingin masyarakat Kecamatan Subah memanfaatkan lahan untuk menanam tanaman yang menjadi kebutuhan pokok. Mengingat kedepannya Kecamatan Subah diharapkan menjadi salah satu Kecamatan yang mampu membendung terjadinya peningkatan harga kebutuhan pokok.

"Sayur mayur dan lain sebagainya tanamlah, karena tanah Subah ini subur. Jangan sampai orang Subah beli cabai Singkawang. Bayam, tomat, terong jangan beli terus, karena Subah ini sebagai salah satu kecamatan yang cukup baik, sehingga pangan holtikultura kita tidak inflasi," katanya.

Bupati Satono mengatakan bahwa Kabupaten Sambas merupakan salah satu daerah dengan jumlah penduduk nomor dua terbesar setelah Kota Pontianak. Sehingga Kabupaten Sambas memiliki potensi untuk menjadi penyumbang lumbung padi terbesar di Kalbar. Tentunya dalam hal ini diharapkan peran serta dari masyarakat Kecamatan Subah.

"Hari ini Sambas cukup bagus, menyumbang pangan 25% di Kalbar. Seperempat kebutuhan pangan beras di Kalbar ini dipenuhi oleh Sambas, terus kita tingkatkan pertahankan. Termasuk saya minta masyarakat di Kecamatan Subah ikut andil dalam menjaga stabilitas pangan," pungkasnya.(Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini