-->


Berawal dari Hobi, Harsono Warga Desa Serumpun Salatiga Sukses Budidayakan Berbagai Jenis Anggur

Editor: Admin author photo

Ket: Harsono bersama koordinator BPP Kecamatan Salatiga Wahidah saat di kebun anggur. Jum'at (16/9/2022)

Kabarsambas.com – Berawal dari hobi, Harsono warga dusun Parit lintang desa serumpun sukses membudidayakan tanaman anggur. 


"Sebenarnya tanaman anggur yang saya tanaman ini merupakan sebuah hobi saja dan ingin mencoba-coba, karena ingin juga merasakan panen milik sendiri," kata Harsono.

Dia mengungkapkan, ada beberapa jenis tanaman anggur miliknya, satu diantaranya table grab atau anggur nizira.


"Ada beberapa jenis anggur yang saya tanam diantaranya, table grab, anggur kismis, anggur rustok, alpika, dan yang lansung bisa di makan itu jenis anggur hijau," katanya.

"Untuk panen buah anggur diperkirakan tiga bulan itu sudah bisa panen, namun jika berbicara perawatan tentu dilakukan dengan rutin kira-kira dua minggu sekali tergantung ada serangan hama yang terjadi, tanaman anggur itu sebenarnya lebih menyukai cuaca yang panas" tambahnya. 


Dia mengungkapkan, untuk pembelian bibit dirinya membeli kepada komunitas anggur secara online, karena di Kabupaten Sambas sulit untuk didapatkan.


"Bibit tersendiri saya beli melalui komunikasi anggur secara online, karena di daerah sini sulit untuk ditemukan, tanaman anggur ini belum sampai satu tahun, tepatnya bulan Desember 2021," ungkapnya.


"Saat ini saya sedang melakukan uji coba jenis tanaman anggur mana yang lebih cocok untuk cuaca di daerah kita dan sementara ini kita masih melakukan pengembangan batang bawah dan belum melakukan pembibitan," jelasnya.


Harsono yang disapa Asan ini menyampaikan melihat perkembangan tanaman anggur yang berhasil dibudidayakan dirinya mempunyai rencana untuk lebih mengembangkan secara luas tanaman anggur di wilayahnya. 


Sementara Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Salatiga mengunjungi kebun tanaman anggur milik pak Harsono. Wahidah.SP Koordinator BPP Kecamatan Salatiga mengatakan, dirinya berkunjung ke kebun anggur milik pak Harsono untuk melihat langsung kebun tersebut.


"Hari ini kita berkunjung langsung ke kebun tanaman anggur milik pak Harsono untuk meliat secara langsung dan mungkin ini juga bisa menjadikan ladang usaha kedepanya, serta bisa menjadi prospek kedepannya karena kebun anggur masih langka di wilayah kita," katanya.


Dia berharap, kedepanya kebun tanaman anggur bisa di kembangkan dan bukan hanya di tempatnya melainkan di daerah Kecamatan Salatiga tersebut.


"Kita berharap kedepannya ini bisa dikembangkan untuk wilayah, khususnya di Kecamatan Salatiga, sehingga Salatiga bisa menjadi Komidi unggul untuk buah anggur dan ini merupakan motivasi yang sangat bagus bagi saya dan masyarakat yang berkeinginan untuk menanam buah anggur," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini