-->

Veteran Sambas Berharap Generasi Muda Melanjutkan Perjuangan

Editor: Admin author photo

Ket Foto: Veteran Sambas, Sukur 

Kabarsambas.com- Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kabupaten Sambas, Sukur (78) ikut hadir dalam upacara bendera untuk memperingati HUT RI ke-77 yang diselenggarakan Pemda Kabupaten Sambas, di halaman Kantor Bupati Sambas, Rabu (17/8/2022)


Seperti tahun sebelumnya bapak Sukur selalu hadir dalam upacara sakral yang mengingatkanya dalam memperjuangankan  kemerdekaan terdahulu. Walaupun beliau aslinya dari jawa tapi  sudah lama di Sambas sejak tahun 1963.


"Upacaranya berlangsung sangat bagus sekali dan hikmat ditambah adanya hiburan permainan pesawat yang sangat menghibur," kata Sukur


Dia mengatakan, memaknai kemerdekaan Republik Indonesia, penjajahan memang harus di musnahkan karena tidak sesuai peri kemanusian dan keadilan berkat rahmat Allah SWT dan keinginan luhur akhirnya mengantarkan rakyat indonesia kedepan pintu  gerbang kemerdekaan.


"Menurut saya merdeka kita saat ini  belum masuk ke makna merdeka sesungguhnya, baru mengatarkan kedepan pintu kemerdekaan, jadi di dalam kita terus berjuang, tapi tidak apa, jadinya kita harus tetap mempertahankan keutuhan NKRI kita tercinta ini," tuturnya.


Sukur juga berpesan  agar  generasi muda terus berjuang dalam bentuk apa saja. Yang jelas kata dia, lanjutkan perjuangan terdahulu dari para pahlawan.


“Karena tugas kami sudah selesai memperjuangakan kemerdakaan ini, jadi kami minta ke generasi penerus untuk melanjutkan perjuangan demi bangsa dan negara Indonesia," pintanya


Sekarang keseharian Bapak Sukur hanya istirahat di rumahnya di Dusun Kampung Jawa, menjalani keseharian sebagai seorang pensiunan veteran. Umur boleh tua tetapi semangat perjuangan terus dipancarkan Bapak Sukur.


"Motivasi terbesar saya adalah abang saya sendiri yang dulunya juga seorang veteran sekarang beliau sudah meninggal. Beliau berpesan untuk melanjutkan perjuangannya," katanya.


Bapak Sukur pernah mendapat penghargaan langsung dari Presiden Joko Widodo berupa piagam dan lencana tertinggi Bintang Kartika Eka Paksi Nararya, ini hanya diberikan kepada prajurit yang sudah sangat berjasa. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini