-->


Bupati Satono Siap Perluas Pemasaran Jeruk Sambas

Editor: Admin author photo

Ket: Bupati Sambas H Satono saat mengunjungi salah satu agen jeruk di senturang kecamatan tebas.

Kabarsambas.com - Bupati Sambas, H. Satono, berkunjung ke salah satu agen jeruk di Senturang, Kecamatan Tebas untuk melihat langsung proses pengemasan dan pengiriman buah jeruk ke Kota Ranai, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau.


"Jeruk Tebas adalah yang paling manis rasanya se-Kalimantan Barat, bahkan se-Indonesia. Ini tidak dilebih-lebihkan, karena memang sudah terkenal di mana-mana. Dulu orang Ibukota Jakarta menyebutnya Jeruk Pontianak, padahal dari Tebas," kata Bupati Satono. Minggu (28/08/2022) 


Bupati Sambas H. Satono mengatakan, untuk mendongkrak harga jeruk, dia berupaya mempercepat pembentukan tol laut supaya pangsa pasar menjadi semakin luas. Sehingga jeruk dari Kabupaten Sambas tidak hanya dikirim ke Kabupaten Natuna, tapi ke berbagai pulau se-Indonesia.


"Hari ini saya berkunjung ke agen jeruk teman lama saya, di sini jeruk dari masyarakat sekitar ditampung dan dikirimkan ke Kota Ranai, Kabupaten Natuna. Nanti kalau sudah terbentuk tol laut, pangsa pasarnya akan semakin luas, bisa dikirimkan ke berbagai pulau di Indonesia," katanya.


Bupati H. Satono mengatakan, Pemerintah Kabupaten Sambas sudah bersinergi dengan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pertanian untuk mengembangkan program Bujangseta (Buah Berjenjang Sepanjang Tahun) tanaman jeruk di Kecamatan Tebas.


"Program tersebut sudah berjalan dan tercantum dalam Instruksi Presiden Joko Widodo Nomor 1 tahun 2021, tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi Masyarakat Perbatasan. Program Bujangseta itu tujuannya agar petani jeruk bisa panen terus menerus dan tidak ada yang namanya banjir buah atau buah kosong lagi,” Tutupnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini