Bupati Satono Kukuhkan Paskibraka Kabupaten Sambas

Editor: Admin author photo

Ket: Bupati Satono Kukuhkan Paskibraka Kabupaten Sambas. Senin (15/8/2022) di Aula Kantor Bupati Sambas 

Kabarsambas.com - Bupati Sambas H Satono melakukan pengukuhan Pasukan Pengikbar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Sambas yang ditugaskan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 tahun.


Dalam kegiatan pengukuhan tersebut, Bupati Sambas H Satono didampingi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sambas Fery Madagaskar, Sekretaris DPRD Sambas, Forkopimda Sambas, Dandim 1208, Kapolres Sambas yang ikut serta dalam pengukuhan Paskibra Kabupaten Sambas. Senin (15/8/2022) di Aula Utama Bupati. 


H Satono menyampaikan bahwa 17 Agustus merupakan hari yang bersejarah bagi masyarakat seluruh Indonesia, dengan usia yang ke-77 tahun terus memberikan makna yang penuh arti.


"Bahwasanya, setiap tanggal 17 Agustus kita selalu memperingati HUT Kemerdekaan, dengan usia kemerdekaan yang ke-77 ini, tentunya kita mengharapkan dan dapat memberikan makna bagi seluruh rakyat Indonesia dan melanjutkan cita-cita perjuangan para pahlawan bangsa, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa pahlawannya," ucapnya.


Satono mengatakan, Paskibraka yang akan di tugaskan pada 17 Agustus nanti telah menempuh pembinaan dari TNI dan Polri, sehingga sudah ditanamkan semangat patriotisme.


"Para Paskibraka yang ditugaskan telah memasuki pelatihan pembinaan training center, yang dilatih dan digembleng oleh para pelatih baik dari TNI maupun Polri dan panitia Paskibraka , dalam masa-masa pelatihan dan pembinaan telah banyak ditanamkan hal-hal terkait patriotisme untuk menjadikan adik-adik putra-putri yang memiliki jiwa besar," katanya.


"Jiwa bangga menjadi pemuda-pemudi yang mampu mendarma baktikan segala jiwa raga untuk mengisi kemerdekaan negara yang kita cintai ini dengan menjadi pasukan pengibar bendera pusaka," tambahnya.


Dikatakan oleh Bupati Sambas, tidak semua pemuda yang ada di Kabupaten Sambas dapat memiliki kesempatan yang sama, kerena Paskibra merupakan tunas-tunas harapan bangsa.


"Para Paskibraka yang saya cintai, tidak semua pemuda pemudi Sambas memiliki kesempatan menjadi pasukan pengibar bendera pusaka, tugas yang dilaksanakan adalah tugas yang sangat berat namun sangat mulia, sebab demikian Paskibraka merupakan tunas-tunas bangsa harapan bangsa dan Negara. Dengan menunjukkan sikap rela berkorban meluangkan waktu dan tenaga untuk menjadi pasukan Paskibra," ungkapnya.


"Kalian telah mewujudkan dharma bakti kepada bangsa dan negara sebagaimana para pahlawan pejuang bangsa yang rela berkorban jiwa dan raga demi kemerdekaan bangsa dan negara yang mereka cintai," sambung Bupati Sambas.


Bupati menyampaikan anak muda zaman sekarang mesti memperkuat dan memperkaya jati diri bangsa, Karena sangat penting dimasa era globalisasi.


"Pemuda muda zaman sekarang harus bisa memperkuat pertahanan dirinya dan memperkaya pemahaman tentang jati diri bangsa terutama Pancasila sebagai ideologi negara dan UUD sebagai dasar negara, ini penting dalam menghadapi era globalisasi dan kemajuan informasi teknologi juga dalam mengantisipasi ancaman dan radikalisme dan terorisme, dengan begitu anak-anak muda zaman now bisa menjadi pahlawan masa kini dengan jadi agen kemajuan agen perdamaian dan kesatuan NKRI," tegasnya.


Lanjut Satono mengukapkan, tantangan dan ancaman kedepannya adalah perjuangan melawan toleransi radikalisme dan upaya perpecahan lainnya.


"Selain itu pula dalam konteks tantangan dan ancaman yang dihadapi anak muda zaman sekarang adalah perjuangan melawan toleransi radikalisme dan upaya perpecahan lainnya, itu adalah tantangan nyata dihadapkan anak muda saat ini karena itu mereka harus bisa melakukan kontra narasi terhadap konten-konten negatif di dunia maya baik itu toleransi dan radikalisme dan hoax," ungkapnya.


Terakhir, Bupati Sambas menyampaikan, sebagai generasi penerus bangsa untuk mengisi Kemerdekaan harus bersatu padu membangun Indonesia sesuai dengan posisi masing-masing.


"Untuk itu sebagai generasi penerus perjuangan bangsa untuk mengisi kemerdekaan ini dengan pembangunan segala bidang menuju terwujudnya masyarakat adil dan makmur berjaya dan berakhlakul karimah marilah kita bersatu membangun Indonesia sesuai dengan posisi dan kemampuan kita masing-masing, agar bangsa ini bisa bangkit menjadi bangsa yang merdeka lahir batinnya sejahtera ekonominya tumbuh menjadi bangsa yang dahsyat dan disegani oleh bangsa-bangsa di dunia, Saya mengucapkan terima kasih kepada panitia Paskibraka serta para orang tua yang selalu mendoakan anaknya untuk selalu menjadi orang yang dapat mengikuti anggota Paskibraka," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini