Warga Binaan Rutan Sambas Panen Ikan Nila

Editor: Admin author photo

Ket: Karutan Sambasi Priyo Tri Laksono tengah memanen ikan nila yang diusahakan oleh warga Binaan Rutan Sambas. Rabu (6/7/2022)

Kabarsambas.com - Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan) Mina Sejahtera Warga Binaan Rutan Kelas IIb Sambas panen ikan nila. Rabu (6/7/2022).


Kegiatan panen ikan nila tersebut dihadiri oleh Kepala Rutan(Karutan) Sambas, Petugas dari Dinas Kelautan, Perikanan Kabupaten Sambas dan warga binaan.


Pokdakan Mina Sejahtera merupakan kelompok budidaya ikan binaan dinas perikanan dan kelautan Kabupaten Sambas yang terdiri dari warga binaan yang ada di Rutan Kelas IIb Sambas.


Karutan Sambas, Priyo Tri Laksono menyampaikan, bahwa selama ini warga binaan di dalam Rutan Kelas IIb Sambas diberikan pelatihan budidaya ikan dan sekaligus praktek dengan memelihara ikan di kolam ikan Rutan Kelas IIb Sambas.


"Di dalam Rutan warga binaan kita berikan pelatihan budidaya ikan nila kerjasama dengan Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Sambas, agar mereka memiliki keterampilan budidaya ikan sehingga bisa dijadikan modal dan bekal hidup setelah ia bebas nantinya, khususnya ikan nila yang bernilai jual tinggi di pasaran," jelas Priyo Tri Laksono.


Karutan Sambas menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah sambas dalam hal ini dinas perikanan dan kelautan Kabupaten Sambas, yang telah memberikan pelatihan budidaya ikan dan bisa langsung dipraktekan di dalam Rutan sehingga ketrampilan tersebut nantinya bisa digunakan setelah mereka kembali ke masyarakat.


"Terimakasih kami ucapakan kepada pemerintah Daerah Kabupaten Sambas, khususnya dinas perikanan dan kelautan Kabupaten Sambas yang telah memberikan pelatihan ke warga binaan dalam budidaya ikan Nila," ucapnya.


Dia menuturkan, hasil panen budidaya ikan Nila sebanyak 65 kg, yang nantinya akan dikembangkan dan disetorkan ke Negara melalui Penerimaan Negara Bukan Pajak (BNBP).


"Untuk hasil panen dari budidaya ikan nila di kolam Rutan Sambas sebanyak 65 Kg, hasil panen ini sebagian dikembangkan untuk pembelian bibit ikan lagi, pembuatan ikan asin dan sebagian untuk disetorkan ke Negara melalui PNBP serta warga binaan bisa menikmati hasil panennya dengan dimakan bersama-sama," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini