TP PKK Kabupaten Sambas Ikuti Lomba Penilaian Lomba Aku Hatinya PKK Provinsi

Editor: Admin author photo

 Ket: TP PKK Kabupaten Sambas Ikuti Lomba Penilaian Lomba Aku Hatinya PKK Provinsi. 

Kabarsambas.com - Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Sambas mengikuti penilaian lomba Aku Hatinya PKK tingkat provinsi Kalimantan Barat Tahun 2022 yang berlokasi di Desa Sungai Serabek, Kecamatan Teluk Keramat. 


Hj. Yunisa Satono, S.Pd., menyampaikan rasa terima kasih dan mengapresiasi kepada stakeholder terkait atas terselenggaranya kegiatan penilaian lomba tersebut sebagai wujud gotong royong bersama masyarakat. 


"Saya ucapkan kepada tim juri dan seluruh jajaran yang telah pelaksanaan kegiatan lomba Aku Hatinya PKK tingkat provinsi Kalimantan Barat Tahun 2022. Saya juga mengapresiasi atas semua kerja sama stakeholder terkait dan masyarakat desa. Ini merupakan salah satu bentuk kerja sama yang sangat baik yang juga merupakan suatu tradisi gotong royong yang akan membawa kita khususnya Kabupaten Sambas yang lebih berkemajuan," katanya. 


Yunisa mengabarkan bahwa Aku Hatinya PKK merupakan program unggulan PKK Nasional khusus di pokja tiga pada Rakernas ke IX tahun 2019. 


"Bahwasanya Aku Hatinya PKK ini merupakan salah satu program unggulan yang ada di PKK baik itu di tingkat nasional, provinsi, kabupaten kota, kecamatan hingga desa. Sebagaimana kita ketahui hasil dari Rakernas PKK ke-IX tahun 2019, khususnya di pokja tiga itu yang menjadi program unggulan adalah Aku Hatinya PKK," ujarnya. 


Ia yakin bahwa ibu-ibu PKK sudah paham bahwa program Aku Hatinya PKK ialah kepanjangan dari Amalkan dan Kukuhkan Halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman yang harus diterapkan oleh ibu-ibu PKK masing-masing dan lingkungan sekitar. 


"Saya sangat yakin sekali khususnya kepada ibu-ibu PKK di semua tingkatan pasti paham apa yang dimaksud dengan Aku Hatinya PKK yaitu Amalkan dan Kukuhkan Halaman Asri Teratur, Indah, dan Nyaman," pungkasnya. 


Ketua Penilaian Lomba Aku Hatinya PKK, Agata Agnes Leysandri, menyampaikan bahwa program tersebut berupa menanami halaman rumah dengan berbagai jenis tanaman yang dilombakan. 


"Aku Hatinya PKK merupakan suatu gerakan yang menanami pekarangan atau halaman disekitar rumah untuk menanam berbagai jenis tanaman," ucapnya. 


Agata menuturkan bahwa selain kegiatan bercocok tanam di halaman rumah, ibu-ibu PKK juga mengolah hasil perkebunan, pertanian, perikanan dan peternakan. 


"Selain dari sektor perkebunan, pertanian, perikanan dan peternakan yang bertujuan dapat memenuhi kehidupan sehari-hari. Lomba gerakan Aku Hatinya PKK diikuti oleh 14 PKK kabupaten kota di Kalimantan Barat sekaligus hasil olahannya dari sektor perkebunan, pertanian, perikanan dan peternakan," tuturnya. 


Ia juga mengatakan bahwa output dari kompetisi tersebut untuk memberikan pemahaman pemanfaatan pekarangan rumah dan memotivasi bagi TP PKK yang belum memenangkan lomba. 


"Hasil yang diharapkan dari pertandingan ini adalah untuk peningkatan pemahaman dan pemanfaatan pekarangan untuk mendukung penanggulangan Covid-19 dan Stunting dan sebagai percontohan bagi kabupaten kota yang belum menjadi juara sehingga dia bisa menjadikan motivasi," tutupnya. 


Camat Teluk Keramat, Agustian, S.IP.,M.Si., dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemberdayaan perempuan dapat menentukan maju mundurnya Kabupaten Sambas. Sebagaimana TP PKK yang hampir setiap harinya berkegiatan bersama masyarakat. 


"Maju mundurnya Kabupaten Sambas tergantung bagaimana kita memberdayakan perempuan. Saya pikir PKK yang selalu menjadi andalan kita untuk diberdayakan, bagaimana pun mereka ini sangat dekat dengan kegiatan-kegiatan sosial Kemasyarakatan," katanya. 


Agustian menuturkan dari program unggulan PKK yang bernama Aku Hatinya PKK dilihat dari kesehariannya ibu-ibu TP PKK berproses dan bergerak ke arah lebih baik. 


"Melalui program Aku Hatinya PKK ini bagaimana kita melihat masyarakat secara terus-menerus mengamalkan dan mengukuhkan bahasa yang mudah diucapkan tapi sulit untuk dipraktekkan," Tutupnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini