Semarak Dies Natalis Poltesa

Editor: Admin author photo

Ket: Semarak Dies Natalis Poltesa

Kabarsambas.com – Dalam memeriahkan Dies Natalis yang ke-14, Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) melaksanakan berbagai kegiatan dan perlombaan di lingkungan Poltesa.


Direktur Politeknik Negeri Sambas (Poltesa), Yuliansyah, S.E., M.E., menyampaikan bahwa serangkaian Dies Natalis Poltesa dilaksanakan dua hari, yang pertama untuk acara non formal seperti jalan santai dan hari kedua akan dilaksanakan acara formal berupa sidang senat terbuka. Berusia ke 14 tahun, Poltesa mengangkat tema Poltesa Berkibar yang diartikan Berkarya, Berinovasi, dan Kearifan Lokal. 


"Hari ini dan besok (08/07/2022) Politeknik Negeri Sambas memperingati Dies Natalis yang ke-14 terhitung dari 08 Juli 2008 berdirinya Poltesa hingga sekarang. Ini merupakan langkah maju bagi kami diusia ke 14 tahun Poltesa sudah banyak berbuat sesuai dengan tema yang kita angkat yaitu Poltesa Berkibar. Poltesa Berkibar kita maksudkan adalah Berkarya, Berinovasi dan Berbasis Kearifan Lokal," ujar Yuliansyah. Kamis (7/8/2022). 


Yuliansyah menjelaskan bahwa makna dari Berkibar ialah untuk menunjukkan track record hasil kerja nyata Poltesa yang telah berkontribusi dalam pengembangan dan pemberdayaan masyarakat Kabupaten Sambas. 


"Berkibar adalah sebuah akronim yang menunjukkan Track Record Poltesa kerja-kerja nyata Poltesa selama ini baik dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi maupun berkontribusi dalam pengembangan dan pemberdayaan masyarakat," ujarnya. 


Karya-karya yang dibuat dengan inovasi outputnya nanti sampai dipatenkan, maka dari itu karya yang dihasilkan oleh Poltesa bukan hanya sekedar karya biasa untuk formalitas. 


"Karya-karya nyata yang dilakukan Poltesa tentu melihat tuntutan zaman. Karya yang kita hasilkan haruslah karya yang berinovasi, bukan hanya sekadar karya biasa. Tidak hanya produk dari hasil karya tersebut jadi, tetapi harus dipaten dan HAKI kan, agar memberikan nilai positif bagi Poltesa," ujarnya.


"Selanjutnya kearifan lokal, khususnya di Kabupaten Sambas saya meyakini banyak potensi-potensi Sumber Daya Alam (SDA) maupun sumber daya lainnya yang layak untuk kita kembangkan jadi sebuah trobosan dengan melalui riset dan development. Dosen Poltesa juga melakukan hal yang berkreativitas sehingga tidak hanya untuk kepentingan Poltesa tetapi juga masyarakat Kabupaten Sambas. Sudah banyak produk-produk yang dihasilkan yaitu Kopi Liber.co, Bubur Pedas Instan, Mi Sagu Instan dan lain-lainnya," tambahnya. 


Ia mengungkapkan bahwa saat ini Poltesa sudah banyak meraih prestasi di tingkat nasional dan internasional dan akan terus ditingkatkan agar bisa membawa nama baik kampus dan Kabupaten Sambas hingga mengglobal. 


"Prestasi Poltesa ini sudah sampai hingga tingkat nasional bahkan ada beberapa prestasi yang juga sudah ditingkat internasional. Jadi, saya tekankan jangan lagi melihat Sambas itu sebagai kota yang kecil di daerah perbatasan, Kabupaten Sambas itu mempunyai perguruan tinggi negeri dari sekian banyak perguruan tinggi yang ada di Kalimantan Barat," ungkap Yuliansyah. 


Adapun serangkaian Dies Natalis tersebut ada jalan sehat, donor darah, lomba, dan kompetisi untuk pelajar se-Singbebas. 


"Rangkaian kegiatan Dies Natalis salah satunya adalah jalan sehat, donor darah, perlombaan-perlombaan yang melibatkan civitas akademik dan masyarakat setempat dan insyaa Allah nantinya juga akan ada kompetisi-kompetisi antar pelajar SMA/SMK se-Singbebas," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini