Gandeng Karang Taruna, Bawaslu Sambas Gelar Sosialisasi Pengawasan Penyelenggaraan Pemilu Partisipatif

Editor: Admin author photo

Ket: Gandeng Karang Taruna, Bawaslu Sambas Gelar Sosialisasi Pengawasan Penyelenggaraan Pemilu Partisipatif. Kamis (21/7/2022) 

Kabarsambas.com - Bawaslu Kabupaten Sambas melaksanakan kegiatan sosialisasi Pengawasan Penyelenggaraan Pemilu Partisipatif. Sosialisasi tersebut bekerjasama dengan Karang Taruna Kabupaten Sambas. Kamis (21/7/2022) di Aula Hotel Sambas Indah.


Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Bawaslu Provinsi Kalimantan Barat, Ruhermansyah, S.H., Ketua Bawaslu Kabupaten Sambas, Ikhlas, S.T., Ketua KPU Kabupaten Sambas, Sudarmi, M.E, Ketua Karang Taruna Kabupaten Sambas, Erik Darmansyah, S.P., M.MA, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sambas, Club Motor Biak Sambas (CMBS), dan Pendamping PKH Kabupaten Sambas. 


Ketua Bawaslu Kabupaten Sambas, Ikhlas, S.T., mengatakan bahwa sosialisasi tersebut ditujukan untuk pemuda dan mahasiswa yang tergabung dalam Karang Taruna Kabupaten Sambas. 


"Bawaslu Kabupaten Sambas bersinergi bersama Karang Taruna Kabupaten Sambas mengadakan Sosialisasi Pengawasan Penyelenggaraan Pemilu Partisipatif dengan kelompok sasaran pemuda dan mahasiswa. Biasanya orang menganggap bahwa Karang Taruna itu hanya identik di bidang olahraga saja, ternyata Karang Taruna di Kabupaten Sambas lebih luas cakupannya dengan pengurus di dalamnya yang beragam profesi," ujarnya. 


Ikhlas mengungkapkan salah satu yang melatarbelakangi kolaborasi dan sinergis antara Bawaslu Kabupaten Sambas dan Karang Taruna Kabupaten Sambas adalah untuk mendorong masyarakat berpartisipasi pada Pemilu dan mengawasi Pemilu pada tahun 2024 yang akan datang. 


"Dalam rangka mendorong masyarakat untuk berpartisipasi dalam pemilihan umum dan mengawasi Pemilu 2024 khususnya di Kabupaten Sambas juga sebagai latar belakang sinergis Bawaslu bersama Karang Taruna," ungkap Ikhlas. 


Ikhlas menutur harap peserta yang audah mengikuti sosialisasi dapat menentukan diri sendiri untuk berperan sebagai apa pada Pemilu yang akan datang. 


"Tentunya kami berharap dengan adanya sosialisasi ini, mereka yang tidak paham tentang apa itu Pemilu paling tidak sudah mengetahui dan tergerak di pemikiran mereka, apakah untuk menentukan diri sebagai penyelenggara, pemantau, kontestan, relawan, dan masyarakat pemilih yang cerdas," tuturnya. 




"Setelah kegiatan ini selesai harapannya dapat mengeksplor diri untuk berkreatifitas di media sosial terlebih sekarang kita dimudahkan dengan era digital dengan konten-konten kreatif mereka akan menyentuh masyarakat dengan konten edukasif mengenai pengawasan penyelenggaraan Pemilu," tutup Ikhlas. 


Ketua Karang Taruna Kabupaten Sambas, Erik Darmansyah, S.P.,M.MA., mengapresiasi Bawaslu Kabupaten Sambas yang telah memberikan ruang untuk bersinergi bersama. 


"Saya mengapresiasi yang sebesar-besarnya kepada Bawaslu Kabupaten Sambas yang telah memberikan ruang kepada kami untuk berkolaborasi untuk menjadi pengawas partisipatif, ini menandakan Bawaslu Kabupaten Sambas di era 4.0 memastikan unsur masyarakat untuk terlibat secara aktif," ujarnya. 


Erik berharap untuk secara bersama-sama mengawasi penyelenggaraan Pemilu 2024 agar tercipta Pemilu yang berkualitas dan demokratis. 


"Harapan kita bersama nantinya baik yang pemilih pemula dan yang sudah pernah memilih untuk mengawal dan mengawasi terjadinya penyelenggara pemilu 2024 di Kabupaten Sambas agar berkualitas. Saya kira kita memang hari ini tepat saatnya bersama Bawaslu dan KPU menyelenggarakan Pemilu yang berkualitas, karena jika banyak money politik kapan lagi," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini