Buka Bimtek SAKIP, Bupati Satono Dorong Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik

Editor: Admin author photo

Ket: Buka Bimtek SAKIP, Bupati Satono Dorong Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. Kamis (21/7/2022) di Pontianak

Kabarsambas.com - Bupati Sambas, Satono, membuka bimbingan teknis (Bimtek) pendalaman Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang diikuti sejumlah pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sambas, Kamis (21/7/2022) di Pontianak.


"Bimtek SAKIP ini diselenggarakan untuk perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat oleh SKPD yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sambas. Kita ingin ada perbaikan kinerja supaya lebih baik lagi ke depan," kata Bupati Satono.


Bupati juga mengatakan kinerja SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sambas tidak sekedar diukur dengan nilai SAKIP, tapi bagaimana masyarakat merasa puas dengan pelayanan publik yang diberikan. Tapi bagaimana kinerja SKPD yang ada mengedepankan akuntabilitas dan transparan.


"Kita di Kabupaten Sambas adalah perpanjangan tangan Pemerintah Pusat, tugas kita melaksanakan program dari Pemerintah Pusat, merealisasikan APBD yang ditransfer ke daerah, dan semua itu harus sesuai dengan mekanisme yang sudah diatur oleh Pemerintah Pusat," ujarnya.


Bupati Satono meminta agar peserta yang mengikuti Bimtek SAKIP tersebut memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk belajar dan menambah ilmu pengetahuan tentang akuntabilitas di instansi pemerintahan. Agar ada peningkatan kualitas diri yang diperoleh setelah mengikuti Bimtek.


"Saya minta Bimtek ini tolong dimaksimalkan, karena waktunya hanya tiga hari, untuk mengatur jadwalnya saja ini susah sekali, karena minta narasumber dari Jakarta itu antre. Banyak daerah lain yang berharap dilakukan Bimtek ini secepatnya. Jadi tolong manfaatkan sebaik mungkin, gali ilmu sebanyak-banyaknya," tuturnya.


Bupati Satono juga meminta agar setiap pimpinan SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sambas mempelajari dengan serius tentang bagaimana mengelola keuangan negara, mulai dari perencanaan, pengelolaan sampai pelaporan. Dia ingin semuanya harus terintegrasi.


"Kepada kepala dinas, kepala badan dan kepala kantor tolong stafnya didukung untuk ikut Bimtek, sebab ini penting sekali dalam rangka bagaimana pemerintahan kita bisa berinovasi, sehingga target visi misi Sambas Berkemajuan yang tertuang dalam RPJMD 2021-2026, menjadikan Sambas terunggul di Kalbar," Tutupnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini