Termegah Di Kalbar, Gedung Perpustakaan Sambas Diresmikan

Editor: Admin author photo

Termegah Di Kalbar, Gedung Perpustakaan Sambas Diresmikan. Selasa (28/6/2022)

Kabarsambas.com-Gedung Layanan Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Sambas telah diresmikan. 


Gedung perpustakaan tersebut merupakan termegah yang ada di Provinsi Kalimantan Barat.


Bupati Sambas, Satono, secara khusus mengundang Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Muhammad Syarif Bando dan Anggota Komisi X DPR RI, Adrianus Asia Sidot untuk menandatangani batu prasasti peresmian gedung perpustakaan tersebut. Selasa (28/6/2022).


Selain itu, hadir juga secara Virtual Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atikbud) KBRI Washington DC, Popy Rufaidah, Direktur Politeknik Negeri Sambas, Yuliansyah dan Rektor IAIS Sambas, Jamiat Akadol.


Bupati Satono mengatakan dengan diresmikannya Gedung Layanan Perpustakaan tersebut diharapkan mampu mendongkrak peningkatan Indeks Literasi Masyarakat untuk kesejahteraan Kabupaten Sambas dan mendukung visi misi Sambas Berkemajuan.


"Saya berharap dengan diresmikannya gedung perpustakaan termewah dan termegah di Provinsi Kalimantan Barat ini, bisa memacu semangat masyarakat perbatasan untuk membaca dan terus membaca. Karena membaca buku adalah jendela dunia," katanya.


"Saya selaku kelala daerah mengucap ribuan terimakasih atas dukungan Bapak Muhammad Syarif Bando dan Bapak Adrianus Asia Sidot terhadap dunia literasi di kawasan perbatasan. Mudah-mudahan gedung perpustakaan ini membawa manfaat untuk kita semuanya," sambungnya.


Bupati Satono mengatakan, komitmen Pemerintah Kabupaten Sambas dalam mendukung peningkatan minat literasi masyarakat sebagai amanat Undang-undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945 yakni mencerdaskan kehidupan bangsa.


"Kuncinya hanya satu yakni sinergitas antara seluruh sektor yakni Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif, mulai dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Daerah. Bahkan sampai ke desa-desa," katanya.

Bupati Satono juga mengatakan, dirinya sangat bahagia atas peresmian gedung baru Perpustakaan Daerah Kabupaten Sambas.


"Saya pribadi sangat bahagia dengan peresmian gedung baru Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Sambas yang sangat megah bagi saya, begitu banyak ruangan yang tersedia didalamnya dengan fasilitas yang sangat baik sesuai dengan perkembangan zaman," kata Bupati Sambas 


"Atas nama pemerintah kabupaten Sambas dan masyarakat kabupaten Sambas, berterima kasih kepada bapak Adrianus Asia Sidot yang telah berikhtiar memperjuangkan bersama kepala perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando dan jajaran memberikan atensi dan kontribusi berupa bangunan fisik untuk Kabupaten Sambas yang letaknya di ujung perbatasan negara," sambung Bupati 


Dikatakan Satono, dirinya sangat yakin dengan hadirnya gedung baru di perpustakaan daerah kabupaten Sambas, mampu membawa kabupaten Sambas berkemajuan.


"Saya yakin dengan hadirnya gedung perpustakaan yang baru, megah dan kokoh, dapat membawa perubahan, tidak hanya fisiknya yang bagus namun harus sesuai bait Indonesia Raya, bangun lah jiwa bangun badannya," ujarnya.


"Mudah-mudahan dengan fisik yang baik, juga diimbangi dengan semangat yang kokoh, geliat membaca untuk anak - anak dan masyarakat sambas, sehingga membawa Kabupaten Sambas terunggul di Kalimantan Barat sebagimana teruang dalam RPJP yang tersusun dari 25 tahun lalu," tutupnya.


Dikatakan oleh Kepala Perpustakaan RI Muhammad Syarif Bando, satu diantara upaya untuk mencapai kesejahteraan dan kesatuan masyarakat Indonesia dapat diwujudkan melalui literasi digital.


"Untuk hal itu dapat dilakukan diantaranya, mencerdaskan anak bangsa karena, kecerdasan berbanding lurus dengan kesejahteraan anak bangsa, kalau bangsa ini cerdas dan sejahtera maka persatuannya akan kuat, kedua bagaimana perpustakaan nasional memperluas akses informasi kepada masyarakat, bukan masyarakat menjagaku perpustakaan, sebagai percepatan pengetahuan teknologi," katanya.


Dia meyakini, dengan adanya Gedung Baru Perpustakaan Daerah Kabupaten Sambas dapat melahirkan generasi-generasi yang maju.


"Hadirnya gedung baru Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Sambas harus dapat melahirkan generasi maju dan cerdas, mencerdaskan masyarakat dan membawa Kabupaten Sambas lebih terdepan, sehingga dapat mencerdaskan kehidupan masyarakat, bangsa dan negara," tegasnya. 


Pada kegiatan tersebut, juga dilantik Hj.Yunisa Satono sebagai Ketua Bunda Literasi Digital Kabupaten Sambas bersama 19 anggota Bunda Literasi Digital Kecamatan. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini