-->


Poltesa Raih Terbaik Pertama Pengelola KIP-K Tahun 2021

Editor: Admin author photo

Ket: Direktur Politeknik Negeri Sambas Yuliansyah, S.E., M.E saat menerima penghargaan Terbaik Pertama Pengelola Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) kategori Perguruan Tinggi Vokasi Tahun 2021 Jumat, (17/06/2022) di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat.

Kabarsambas.com - Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) meraih Penghargaan Terbaik Pertama Pengelola Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) kategori Perguruan Tinggi Vokasi Tahun 2021. 


Penghargaan diberikan secara langsung oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat. Jumat, (17/06/2022) kemarin.


Perhargaan ini diberikan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 197/P/2022 tentang Penerima Penghargaan Pengelola Program Indonesia Pintar Terbaik Tahun 2021. 


Sekretaris Jenderal Kemdikbudristek, Suharti mengatakan selamat kepada penerima penghargaan Pengelolaan KIP-Kuliah terkhusus Politeknik Negeri Sambas, dengan mengharap perubahan dalam taraf hidup untuk menjadi lebih baik. 


"Kami mengucapkan selamat kepada penerima penghargaan pengelola KIP-K terbaik tahun 2021, Pengelolaan KIP-K yang baik akan menjadi pengentas kemiskinan yang efektif, berapa banyak penerima manfaat program ini yang berubah taraf hidupnya menjadi lebih baik, untuk itu Kemdikbudristek sangat fokus dalam menjalankan program ini", tuturnya. 


Direktur Poltesa, Yuliansyah, S.E., M.E., menjelaskan bahwa terdapat lima komponen penerima KIP-K di kampus tersebut. 


"Ada lima komponen untuk Penerima KIP-K di Poltesa, diantaranya adalah Siswa Pemegang KIP, Masyarakat Miskin, Siswa Pemegang KKS, Anak Panti Asuhan, dan DTKS Kemensos," terangnya. 


Yuliansyah juga menjelaskan bahwa strategi penyaluran KIP-K di Poltesa harus tepat sasaran dengan menjalin kerja sama dengan anggota PKH Kabupaten Sambas dan melakukan koordinasi dengan Kelompok Masyarakat Perbatasan. 


"Berdasarkan 5 komponen tadi, terdapat beberapa strategi yang kami lakukan agar penyaluran KIP-K ini tepat sasaran, yaitu menjalin kerja sama dengan PKH Kabupaten Sambas, yang mana anggota PKH ini memiliki data lengkap anak-anak PKH, yang memang layak untuk mendapatkan KIP-K. Selain itu, kami juga melakukan koordinasi dengan Kelompok Masyarakat Perbatasan, karena kami melihat anak-anak perbatasan ini harus mendapatkan pendidikan yang layak, untuk membangun daerah mereka", ungkap Yuliansyah. 


Untuk mendaftar KIP-K di Poltesa para siswa dapat menggunakan Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) melalui Jalur Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN), Jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Jalur Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN), Jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Jalur Seleksi Mandiri. Untuk pendaftaran Jalur SBMPN berakhir sampai 30 Juni 2022, sedangkan Jalur Seleksi Mandiri akan dimulai 18 Juli - 13 Agustus 2022. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini