Lomba Perahu Bidar Meriahkan HUT Bhayangkara Ke-76

Editor: Admin author photo

Ket: Lomba Perahu Bidar Meriahkan HUT Bhayangkara Ke-76

Kabarsambas com - Dalam rangka peringatan Hari Bhayangkara ke-76 tahun, Polres Sambas menggelar Lomba Perahu Bidar yang diselenggarakan di Sirkuit Sungai Muare Ulakan Sambas pada Sabtu, (25/6/2022). 


Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Sambas, Ketua DPRD Kabupaten Sambas Kapolres Sambas, Bhayangkari Polres Sambas, Pangeran Ratu Muhammad Tarhan, Kepala Pengadilan Negeri Kabupaten Sambas, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Sambas, Ketua Podsi Kabupaten Sambas, Koni Kabupaten Sambas dan Forkopimda Kabupaten Sambas. 


Wakil Bupati Sambas, Fahrur Rofi, S.I.P., M.H.Sc menyampaikan, bahwa lomba Perahu Bidar yang dilaksanakan oleh Polres Sambas sangat tepat untuk mengangkat kembali kearifan lokal masyarakat Kabupaten Sambas yang sudah lama dinantikan. 


"Saya menilai acara hari Ini sangat baik, membuktikan juga bahwa Kapolres Sambas perhatian kepada masyarakat Sambas. Sangat tepat sekali hari ini kejuaraan dayung diadakan karena ini memanglah kearifan lokal masyarakat Kabupaten Sambas, Terima kasih kepada Kapolres Sambas beserta jajarannya," ujar Rofi


Wakil Bupati berharap dan mendukung agar kegiatan tersebut dapat digelar setiap tahunnya. 


"Acara ini terus dilaksanakan setiap tahun, mudah-mudahan semakin tahun semakin ramai. Karena masyarakat Kabupaten Sambas itu masyarakat akuatik jadi cocok sekali untuk diadakan kegiatan-kegiatan seperti ini," ucapnya. 


"Harapannya dengan diadakannya kegiatan ini dapat menumbuhkan atlet dayung untuk Kabupaten Sambas dan Kalimantan Barat," harapnya. 


Ia juga mengucapkan selamat ulang tahun kepada Polisi Republik Indonesia dan berterima kasih karena selalu hadir untuk masyarakat Indonesia. 


"Selamat ulang tahun kepada Polri yang ke-76 tahun. Harapan kita bersama polri selalu jaya dan selalu hadir untuk masyarakat Indonesia," tutup Rofi. 


Kapolres Sambas, AKBP Laba Meliala, S.I.K., menuturkan bahwa sebanyak 84 tim mengikuti Lomba Sampan Bidar yang digelar pada pagi hari tersebut untuk mengangkat kembali kearifan lokal masyarakat Kabupaten Sambas yang sudah lama tidak digelar. 


Kearifan lokal adalah identitas atau kepribadian sebuah bangsa yang menyebabkan bangsa tersebut mampu mengelola kebudayaan menjadi watak dan kemampuan pribadi. 


"Sampan Bidar merupakan kearifan lokal Kabupaten Sambas yang mana sampai saat ini masih bertahan dan merupakan event yang banyak digemari dengan banyaknya jumlah peserta yang hadir pada pagi hari ini sebanyak 84 tim," tutur Kapolres Sambas. 


Pandemi Covid-19 yang sudah melanda masyarakat Indonesia kurang lebih dua tahun banyak menyebabkan tertundanya kegiatan. 


"Covid-19 sudah melanda bangsa kurang lebih 2 tahun. Mengakibatkan segala kegiatan banyak tertunda, alhamdulillah sekarang kondisi Pandemi Covid-19 sudah mulai mereda meskipun sempat naik kembali semoga segera melandai turun dan hilang," katanya. 


Kapolres Sambas menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan menerapkan prokes meskipun Pandemi Covid-19 sudah melandai. 


"Namun kita tetap waspada dan melaksanakan protokol kesehatan dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke-76 dengan tema Polri yang presisi mendukung pemulihan ekonomi dan reformasi struktural untuk mewujudkan Indonesia tangguh Indonesia tumbuh," ujarnya. 


Ia juga menuturkan bahwa langkah yang tepat untuk mendukung perekonomian masyarakat Kabupaten Sambas pada sektor wisata ialah dengan menyelenggarakan Lomba Perahu Bidar sebagai kearifan lokal masyarakat Kabupaten Sambas. 


"Untuk mendukung perekonomian Indonesia di Kabupaten Sambas dari sektor pariwisata, Polres Sambas pada hari ini mengadakan lomba Sampan Bidar dengan mengangkat kearidan lokal yang merupakan salah satu kebudayaan masyarakat Kabupaten Sambas. Dalam ajang lomba sampan ini tidak hanya sekadar lomba namun mengandung nilai-nilai sportivitas, kejujuran dan persaudaraan," jelasnya. 


AKBP Laba Meliala berpesan kepada peserta lomba untuk mengikuti lomba tersebut dengan menjunjung tinggi sportivitas sebagai identitas bangsa. 


"Laksanakanpah lomba ini dengan sportif, kalah dan menang merupakan hal yang biasa dalam suatu perlombaan namun sportivitas merupakan nilai luhur yang harus dijunjung sebagai identitas kita," pesannya. 


"Saya Kapolres Sambas mengucapkan terima kaish kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam acara ini, semoga acara ini dapat terselenggara dengan tertib dan aman," pungkasnya. 


Ketua Podsi Kabupaten Sambas, M. Fahmi., memanjatkan rasa syukurnya karena bisa bertatap muka menghadiri Lomba Sampan yang sudah lama tidak di gelar dikarenakan Pandemi Covid-19. 


"Alhamdulillah kita dapat berkumpul dalam rangka memeriahkan Hari Bhayangkara ke-76. Semoga Kepolisian Republik Indonesia semakin jaya," ujarnya. (Sai)


Adapun yang memenangkan lomba Sampan Bedar tersebut ialah 

Juara 1 : Udak 1 Pulau indah 

Juara 2 : Lang Nagore 

Juara 3 : Perintis 1

Share:
Komentar

Berita Terkini