Hari Bidan Nasional 2022, Ferdinan: Bidan Hebat Ciptakan Generasi Sehat

Editor: Admin author photo

Ket: Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sambas Ferdinan Syolihin 

Kabarsambas.com- Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sambas, Ferdinan Syolihin,SE menyampaikan dalam memperingati hari bidan nasional yang jatuh pada tanggal 24 Juni 2022, mesti menjadi momentum seluruh elemen strategis bersinergi dalam upaya menurunkan angka stunting, angka kematian ibu (AKI) serta angka kematian bayi (AKB) di Kabupaten Sambas.


”Dalam mengatisipasi peningkatkan angka Stunting, AKI dan AKB tentu harus diperhatikan adalah layanan kesehatan pada ibu sejak proses mengandung, mulai dari kecukupan gizi, adanya kontrol rutin kehamilan dan kesehatan ibu, serta yang tak kalah penting adalah kontrol dan pemeriksaan saat ibu sedang atau telah melewati proses persalinan,” Tuturnya. Jumat (24/6/2022)


Sebagaimana yang disampaikan Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan pada Rabu (22/6/2022) kata Ferdinan kabupaten sambas menduduki peringkat ke empat angka stunting dengan persentase mencapai 22,6 Persen.


“Tentu dalam memperbaiki angka stunting dikabupaten sambas perlu kerja sama semua pihak dan harus juga ada dorongan yang masif dari pemerintah kabupaten sambas agar ujung tombak keberhasilan dilapangan yang diperankan oleh bidan bisa maksimal dalam bekerja,” Tuturnya. 


Menurut Ferdinan peran bidan menjadi sangat vital. Sebab, bidan memiliki wewenang dan tugas dalam upaya percepatan penurunan angka stunting, AKI dan AKB lewat layanan kesehatan ibu dan bayi. 


Dirinya juga mengapresiasi kerja bidan yang selama ini telah berjasa dalam pelayanan kesehatan. Hari Bidan Nasional ini, kata Ferdinan merupakan kesempatan untuk mengingat amal mulia yang telah mereka lakukan.


"Mudah-mudahan peringatan Hari Bidan Nasional menjadi titik di mana bidan akan semakin maju, serta kesejahteraan bidan juga terjamin,” Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini