Deteksi Dini, Kemenkumham Geledah Rutan Sambas

Editor: Admin author photo

Ket: Tim Divisi Pemasyarakatan melakukan penggeledahan terhadap blok kamar hunian Rutan Kelas IIb Sambas.

Kabarsambas.com - Dalam rangka deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban di jajaran pemasyarakatan Kalbar. Tim Divisi Pemasyarakatan melakukan penggeledahan terhadap blok kamar hunian Rutan Kelas IIb Sambas.


Kegiatan tersebut dimulai setelah penutupan kamar pada Rabu (8/6/2022) dari pukul 16.30 WIB sampai dengan 17.30 WIB pada Blok Hunian Ulin I.


Dalam penggeledahan itu Tim Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Barat dipimpin oleh Kepala Bidang Pembinaan, Bimbingan dan TI dan diikuti oleh Karutan Sambas, Para pejabat struktural, staf dan regu pengamanan Rutan Kelas IIb Sambas.


Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Kalbar melalui Kabid Pembinaan, Bimbingan dan TI, Eka Jaka Riswantara mengatakan, kedatangan Tim Divisi Pas bertugas untuk melakukan penggeledahan blok kamar hunian pada Rutan Kelas IIb Sambas, ini sebagai upaya deteksi dini terhadap gangguan keamanan dan ketertiban di lingkungan Rutan Kelas IIb Sambas. 


"Hal ini juga sebagai upaya pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN) untuk menciptakan kondisi agar Rutan Kelas IIb Sambas tetap aman dan kondusif, sehingga kehidupan di dalam Rutan bisa terus berjalan dengan baik," kata Eka Jaka Riswantara. 


Ia menuturkan bahwa penggeledahan tersebut sebagai komitmen melakukan Pencegahan, Pemberantasan, Pelayahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di lingkungan Lapas


"Ini sebagai upaya deteksi dini terhadap gangguan kamtib di lingkungan Jajaran Pemasyarakatan Kalimantan Barat, sebagai berkomitmen terhadap pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN), sehingga tercipta kondisi yang aman dan kondusif terutama di Rutan Kelas IIb Sambas ini," tutur Eka Jaka.


Di kesempatan yang sama Kepala Rutan Kelas IIb Sambas, Priyo Tri Laksono, menyampaikan rasa terima kasihnya atas pelaksanaan kegiatan penggeledahan yang dilakukan oleh Tim Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Kalbar, karena sangat membantu jajaran Rutan Kelas IIb Sambas dalam rangka mencegah gangguan keamanan dan ketertiban di lingkungan Rutan.


"Alhamdulillah pelaksanaan kegiatan penggeledahan yang dilakukan oleh Tim Gabungan Divisi Pas Kemenkumham Kalbar dan Rutan Kelas IIb Sambas berjalan dengan aman dan tertib sampai kegiatan tersebut selesai. Kegiatan Penggeledahan ini sangat bermanfaat bagi Rutan Kelas IIb Sambas untuk mencegah dan meminimalisir terjadinya gangguan kamtib di lingkungan Rutan Kelas IIb Sambas," ujarnya. 


Kalapas juga mengatakan di dalam kegiatan penggeledahan tersebut juga dilakukan komunikasi yang baik dengan warga binaan, dengan memberikan pengarahan tentang tata tertib di dalam Rutan dan kesempatan untuk menyampaikan apabila ada permasalahan sehingga bisa segera terselesaikan.


"Selain menggeledah kamar dan badan mereka, kita juga memberikan pengarahan dan mengingatkan kembali tentang tata tertib di dalam Rutan, sekaligus sebagai sarana untuk menyampaikan permasalahan apabila ada, sehingga bisa langsung kita carikan solusinya," kata Priyo. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini