-->

Wakil Bupati Sambas Resmikan Pondok Qur'an di Penjajab Timur Kecamatan Pemangkat

Editor: Admin author photo

Ket: Wakil Bupati Sambas Fahrur Rofi saat menyampaikan sambutan dalam acara peresmian pondok Qur'an Al-Baqarah desa Penjajap kecamatan Pemangkat. Rabu (18/5/2022)

Kabarsambas.com-Wakil Bupati Sambas, Fahrur Rofi, S.I.P., M.H.Sc., meresmikan Pondok Qur'an Al-Baraqah di Jalan Penjajab Timur, Gang Alifah, Desa Penjajab, Kecamatan Pemangkat, Rabu (18/5/2022).


Dalam peresmiannya juga dilakukan bersama Pimpinan Masjid Kapal Munzalan Indonesia, Beni Sulastyo serta Dosen Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas, Ustadz Hatoli.


Turut hadir Camat Pemangkat, Kapolsek Pemangkat, Danramil Pemangkat, dan tokoh agama serta masyarakat di Kecamatan Pemangkat.


Wakil Bupati Sambas, Fahrur Rofi, S.I.P., M.H.Sc., mengatakan dalam peresmian Pondok Qur'an Al-Baraqah juga disertai dengan kegiatan soft launching Baitulmaal Surau Hawnan Pondok Pesantren Qur'an Al-Baraqah.


"Semoga dengan diresmikannya Pondok Quran Al-Baraqah ini bisa menjadi salah satu wasilah kebangkitan umat dan mendukung visi misi Sambas Berkemajuan dalam bentuk iman," katanya.


Fahrur Rofi melanjutkan bahwa pontren memiliki peran penting dalam membentuk sumber SDM yang berakhlakul karimah, sehingga penghafal Qur'an juga semakin banyak.


"Peran pondok pesantren bagi pembangunan SDM di Kabupaten Sambas sangat besar. Pondok Quran Al-Baraqah harus bisa mencetak generasi muda yang cerdas, beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Serta mencetak para Hafisz dan Hafidzah," tutupnya.


Ditempat yang sama Pembina Yayasan Pondok Pesantren Al-Barakah, Rudi Hartono dalam sambutannya mengatakan, Pondok quran Albarakah itu berbasis atau memiliki platform masajidallah yaitu baitullah, baitulquran, baitulmaal dan baitumuamalah.


"Pada hari ini kita resmikan baitullah-nya berupa surau hawnan dan baitulmaal-nya, bangunan surau ini merupakan sementara sebab pondok quran impian belum bisa diwujudkan. Oleh sebab ini dibangun baitulmaal-nya, yang nantinya akan melayani jamaah untuk melakukan ZISWAF (Zakat infaq sedekah dan wakaf)," Katanya.


Rudi Hartono menuturkan, dalam Visi dan Misi pondok quran adalah mencetak penghafal Alquran dan generasi qur’ani.


"Saya harap suatu hari nanti gang Alifah ini menjadi kampung qur’an, dan Program yang dikembangkan adalah PAUD Q, TPQ dan Tahfizul qur’an, Alhamdulillah saat ini kita sudah memiliki tiga ustadz," Tuturnya.


Selain mengajarkan Al- Qur’an di pondok quran, juga ada dua program yang dijalankan serta program - program lainnya.


"Dua program itu diantaranya, Program Patehah (paket tetangga hawnan albarakah) berbagi sembako, es krim hingga uang tunai, dan Program JUBE ( jumat berkah ) berbagi nasi kotak," Imbuhnya.


Oleh sebab itu kami berharap kepada masyarakat untuk mengambil bagian amal sholeh membangun pondok quran ini. (Sai)


Share:
Komentar

Berita Terkini