-->




Tim Pulau Indah Selakau Juarai lomba Sampan Tani Desa Tengguli

Editor: Admin author photo

Ket: Pelaksanaan Lomba Sampan Tani Desa Tengguli Kecamatan Sajad. Sabtu (7/5/2022)

Kabarsambas.com – Dalam rangka memeriahkan Idul Fitri 1443 Hijrah. Pemerintah Desa Tengguli Kecamatan Sajad menggelar lomba Sampan Tani. Lomba sampan yang diikuti oleh 82 tim se-Kabupaten Sambas dilaksankan di sungai sambas kecil. 



Lomba sampan disambut antusiasme warga yang hadir untuk menyaksikan perlombaan tersebut. Sabtu (7/5/2022).


Perlombaan sampan dimulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB dengan memainkan ronde ke satu hingga ke tiga, sementara itu ronde empat hingga ronde delapan dimainkan usai jeda istirahat pada pukul 13.00 WIB hingga selesai pukul 15.00 WIB.


Sekretaris Panitia Lomba Sampan Tani, Alfian mengatakan, lomba sampan tani yang diadakan di Desa Tengguli merupakan kali pertama. Dirinya menyebutkan sebelumnya pihaknya hanya mengadakan lomba sampan bedar saja.


"Ini adalah kali pertama kita adakan lomba sampan tani, di Desa Tengguli, tahun-tahun sebelumnya lomba yang rutin kita laksanakan hanya lomba sampan bedar, Kata Alfian.


Alfian mengatakan sebanyak 82 tim Sampan Tani Se-Kabupaten Sambas terdiri dari berbagai kecamatan yang ada mengikuti lomba. Dia mengungkapkan setiap kecamatan yang terdiri dari 19 kecamatan menurunkan perwakilannya di ajang tersebut.


"Setiap tim ini dengan nama desa dan nama timnya masing-masing, Dari berbagai desa yang ada dan semua kecamatan ada perwakilannya pada lomba kali ini," Katanya.



Dia menjelaskan, lomba tersebut memiliki total delapan ronde mulai dari penyisihan hingga partai puncak final, mulai dari ronde pertama memiliki total race sebanyak 28 kali.


"Untuk setiap race diambil dua pemenang, juara satu dan dua, bagi setiap tim yang lebih dahulu menyentuh garis finish dengan menepis tali yang sudah di siapkan panitia pada garis finish," Ucapnya..


Dikatakan Alfian hingga tahap ronde semifinal akan diadu dua tim, bagi tim yang menang akan melanjutkan ke ronde grand final, Ronde final digelar dua kali untuk menentukan juara tiga dan empat, dan partai puncak mencari juara satu dan dua.


"Nanti di ronde terakhir kita gelar dua kali, mencari juara tiga dan empat kemudian mencari juara satu dan juara kedua," Jelasnya.


Sementara itu, Tim sampan tani dari Kecamatan Selakau berhasil meraih juara 1 lomba sampan tani. Tim dengan nama Pulau Indah dari Selakau berhasil keluar menjadi juara di lomba sampan tani pertama di Desa Tengguli tersebut.


Ketua Tim Pulau Indah, Amir mengungkapkan, perjuangan timnya meraih juara 1 di lomba sampan kali ini sangat luar biasa. Menurutnya, seluruh peserta lomba sangat memiliki kemampuan yang sebanding.


"Sangat luar biasa perjuangan kali ini, kami merasa seluruh peserta tim mengerahkan kemapuan maksimal, kemampuan lawan sangat berimbang," Katanya.


Dia memaparkan kondisi track air sungai yang baik tidak membuat kendala berarti saat mendayung. Walaupun kata dia, arus sungai normal pihaknya mesti mendayung dengan tenaga yang efektif. 


"Untuk mengalah setiap lawan dalam ronde diperlukan energi ketika mendayung dan melakukan dayung dengan efektif. Selain itu, kekompakan dan mental satu tim harus optimal," Ujarnya


"Yang jelas karena kami rutin latihan sehingga menjuarai ajang lomba sampan ini, salin itu memang ini sudah rezeki kami untuk memenangkan pertandingan," Tambahnya.


Tim Pulau Indah Selakau mengalahkan lawan-lawannya dari ronde pertama hingga ronde grand final dan Tim Pulau Indah berhak mendapat tropi dan uang pembinaan sebagai juara pertama. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini