-->

Poltesa Hantar 38 Mahasiswa Magang Praktik Industri Perhotelan

Editor: Admin author photo

Ket: Direktur Poltesa Yuliansyah, S.E.,M.E saat menghantarkan 38 Mahasiswa Magang Praktik Industri Perhotelan.

Kabarsambas.com – Dalam rangka mengembangkan potensi pariwisata dan meningkatkan kompetensi mahasiswa, khususnya di bidang pariwisata dan perhotelan, Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) mengirim mahasiswa untuk melaksanakan Praktik Industri (PI) 1 di Hotel dan Resort yang bertempat di Qubu Resort, Kubu Raya, Kalimantan Barat. Kamis, (19/5/2022).


Selain itu juga untuk membangun kemitraan dan menandatangani Memorandum Of Understanding (MoU) dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kalimantan Barat. 


Turut hadir dalam acara serah terima mahasiswa PI 1 dan MoU ini dihadiri oleh Direktur Poltesa beserta rombongan, PHRI Kalimantan Barat, 12 orang GM dan HRD dari Hotel Kini, Qubu Resort, Mercure Hotel, Hotel Ibis, Hotel Neo, Hotel Aston, Orchardz Gajahmada, Orchardz Ayani, dan Hotel Maestro.


Direktur Poltesa, Yuliansyah, S.E.,M.E dalam sambutannya, mengatakan bahwa salah satu konsen yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) ialah menjalin kerjasama dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). 


“Kerjasama dan kolaborasi Perguruan Tinggi Vokasi dan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) yang dilakukan merupakan salah satu bentuk implementasi konsep Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar yang dicanangkan oleh Kemendikbudristek dan ini merupakan salah satu konsen kami, yaitu menjalin kerjasama dengan DUDI," katanya. 


Mahasiswa yang melaksanakan PI pada kesempatan ini adalah mahasiswa Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata (MBP) yang dilaksanakan di dua semester. Pada semester keenam adalah PI 1, dengan lokasi magang di Industri Perhotelan yang dilaksanakan selama 16 minggu.


Yuliansyah juga mengapresiasi PHRI yang sudah menawarkan dan berkenan menjalin kerjasama dengan Poltesa untuk magag di hotel dan resort untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa di dunia industri perhotelan. 


"Alhamdulillah, PHRI Kalbar menyambut dengan sangat baik dan menawarkan kemitraan yang strategis. Magang di hotel dan resort ini juga dalam rangka meningkatkan kompetensi mahasiswa untuk menyerap ilmu di dunia industri terutama industri perhotelan," ujarnya.


Direktur Poltesa juga menghaturkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PHRI Kalbar, DUDI Perhotelan dan Resort Kalbar yang telah bersedia menerima mahasiswa Poltesa untuk melaksanakan Praktik Industri (PI), berharap kerjasama dan hubungan baik ini dapat terus terjalin.


Ia juga berpesan kepada seluruh mahasiswa yang melaksanakan PI pada kesempatan ini, agar dapat mengikuti aturan yang berlaku di tempat magang.


"Ada sejumlah 38 orang mahasiswa yang melaksanakan PI, ketika sudah di lokasi magang untuk mengikuti semua aturan dari tempat magang dan harapan kami kepada Bapak dan Ibu General Manager maupun HR Manager di hotel dan resort agar objektif saja menilai mahasiswa kami, silakan terapkan standar yang memang diterapkan di manajemen hotel dan resort kepada mahasiswa," pungkasnya. 


PHRI Kalbar diwakili oleh Uray Henny Novita yang juga merupakan General Manager Qubu Resort, menyambut baik mahasiswa magang dari Politeknik Negeri Sambas. Ia berpesan agar mahasiswa magang tersebut memiliki disiplin diri, mental yang kuat serta berusaha memberikan pelayanan terbaik bagi kepuasan pengunjung. 


"Mahasiswa harus memiliki disiplin diri, mental yang kuat dan selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik bagi kepuasan pengunjung," ungkap Uray Henny Novita


Hal serupa disampaikan GM Hotel Mercure, Riganda Togatorop, ketika mahasiswa sudah diterima magang artinya siap berkomitmen bersama dengan perusahaan untuk memberikan pelayanan terbaik sepenuh hati da selalu siap sedia jika dimintai pertolongan oleh tamu. 


"Mahasiswa perlu memiliki sikap yang baik, rendah hati dan selalu siap sedia menolong tamu," pesan Riganda Togatorop. 


GM Hotel Neo Pontianak, Amirudin Thamrin juga menyampaikan pesan kepada para mahasiswa PI. Agar menempatkan diri sebagai seorang pelayan dan menjalankan tugas sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) perhotelan. 


"Tempatkan lah diri sebagai seorang pelayan yang baik dan jalankan tugas sesuai SOP. Luangkan waktu kalian mencari senior dan manajernya jika perlu”, pesan GM Hotel Neo Pontianak. 


Dalam kesempatan tersebut juga Dosen Vokasi Poltesa dan pengampu mata kuliah Akuntansi Perhotelan Prodi MBP Poltesa Thomas Bun, memberikan pengarahan di akhir acara kepada mahasiswa bahwa harus mampu menjaga sikap diri dan mengikuti peraturan perusahaan selama magang.


"Mahasiswa diharuskan mampu dalam menjaga sikap, disiplin, bertanggung jawab dan menjaga komunikasi dengan atasan selama magang di dunia perhotelan. Banyak-banyak senyum dan sikap yang ramah kepada siapapun serta memberikan pelayanan terbaik kepada siapapun," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini