Menyongsong Pilkades Serentak, IMTEK Harap Masyarakat Cerdas Memilih

Editor: Admin author photo

Ket: Fajar Anggreswari

Kabarsambas.com – Tahun 2022 Kabupaten sambas akan melaksanakan Pemilihan kepala desa serentak. Pilkades serentak tersebut direncanakan pada 15 oktober.


Menaggapi persoalan tersebut Ikatan Mahasiswa Kecamatan Teluk Keramat (IMTEK) melalui Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Fajar Anggreswari mengatakan Berdasarkan Keputusan Bupati Sambas Nomor 149/DINSOSPMD/2022 Tentang Waktu dan Tahapan Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak Di Kabupaten Sambas, bahwa tahapan pelaksanaan Pilkades sudah di mulai pada bulan Maret sampai dengan Desember Tahun 2022


“Tentu pada pilkades serentak tersebut masyarakat harus lebih cerdas dimana pemilih cerdas ialah pemilih yang rasional, objektif, memilih berdasarkan penilaian dirinya, bukan atas dorongan uang, saudara, suku, dan lainnya,” ujarnya.


Fajar menambahkan Dalam pesta demokrasi tentunya tidak asing lagi dengan maraknya money politic (Politik Uang), tentu hal tersebut seakan mendarah daging dan sudah dianggap hal yang biasa di lingkungan masyarakat.


“ Maraknya poliyi uang tentu sangat di sayangkan. Maka masyarakat meski cerdas dalam memilih jangan tergiur politik uang, sehingga akan melahirkan pemimpin yang berkualitas tentunya,’’Ucap Fajar 


Masyarakat kata fajar harus paham bahwa politik uang ini tidak di perbolehkan, hal tersebut sudah jelas aturan dan regulasinya dalam UU Pemilu Nomor 7 Tahun 2017. 


Mengenai Pilkades serentak terkhusus di kecamatan teluk keramat total desa di kecamatan ada 25 desa, namun yang melaksanakan Pilkades pada tahun ini ada 9 desa diantaranya ialah Desa Sungai Baru, Sebagu, Tambatan, Sungai Kumpai, Pedada, Tanjung Keracut, Sungai Serabek, dan Sabing. 


”Kami berharap masyarakat di kecamatan teluk keramat dapat menyaring informasi dengan baik jangan sampai termakan isu-isu hoaks saling menjelek kan antar calon, kami percaya masyarakat sudah cerdas dalam memilih untuk menghasilkan pemimpin yang berkualitas dan berintegritas,” Ucapnya 


Sementara itu Departemen Litbang IMTEK Nuri Ayu Kharisma Mengatakan pemuda di desa harus memberikan power dan ikut serta dalam pengawalan jika ada hal-hal yang tidak sesuai aturan maupun regulasi tentang tahapan sampai pemilihan nantinya. 


“Harapan kita bersama pemilihan kepala desa serentak yang di selenggarakan di kabupaten Sambas khususnya di teluk keramat dalam berjalan lancar dengan baik. Tentunya dengan bersih adu gagasan, bukan adu kekayaan,” katanya.


“Seorang pemimpin akan dipertanggung jawabkan masa kepemimpinannya baik di dunia maupun di akhirat nantinya. Untuk itu mari bersama bangun pesta demokrasi dengan bersih dan damai. Jadilah pemimpin yang memang bisa di percaya oleh masyarakat,” Tutup Nuri. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini