-->

Angin Kencang, Nelayan Diminta Waspada

Editor: Admin author photo

Ket: Angin Kencang di Laut

Kabarsambas.com- Beberapa waktu lalu kabupaten Sambas sempat dihebohkan dengan angin kencang yang terjadi di penyeberangan tebas kuala-perigi piyai. 


Sub koordinator Pengembangan Teknologi Perikanan Dinas Perikanan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sambas Isnul Aprinda meminta agar para nelayan untuk lebih berhati-hati. 


Dinas Perikanan, Peternakan dan Kesehatan Hewan lanjut Aprinda selalu menyampaikan himbauan saat pembinaan dan pertemuan bersama kelompok nelayan dan masyarakat untuk selalu berhati-hati. 


"Dari dinas hanya sekedar mengingatkan masyarakat pesisir khususnya nelayan yang akan resiko melaut (menangkap ikan) saat kondisi gelombang tinggi dan cuaca ekstrem," ungkapnya. Senin (16/5/2022)


"Masalah cuaca ekstrem bukan saja saat melaut namun kondisi masyarakat yang bertempat tinggal di daerah sepadan pantai juga diingatkan akan gelombang tinggi dan pasang air laut serta upaya mencegah terjangan gelombang dan abrasi pantai melalui menjaga ekosistem hutan bakau dan upaya penanaman kembali," ujarnya.


Dirinya menjelaskan angin kencang dan gelombang tinggi yang terjadi di perairan Sambas mengatakan gelombang tinggi bergantung kepada angin yang kencang. 


"Terkait gelombang dan angin kencang yg kemaren terjadi di perairan Sambas yang mempunyai kapasitas menjawab adalah BMKG. Secara teori gelombang tergantung kepada kecepatan angin yang datang, karena perairan Sambas (penyebrangan tebas kuala-perigi piyai) lebar sungai nya dan tidak ada penghalang sehingga angin yang kencang menyebabkan panjang gelombang," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini