-->




143 Calon Jemaah Haji Sambas Jalani Suntikan Miningitis dan Influenza

Editor: Admin author photo

Ket: calon jemaah haji asal kabupaten Sambas saat menjalani suntikan meningitis dan Influenza. Rabu (11/5/2022) di Aula Kemenag Sambas

Kabarsambas.com - Kementerian Agama Kabupaten Sambas bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas, melakukan penyuntikan Miningitis dan Influenza terhadap para jemaah haji.


Kegiatan tersebut diikuti oleh 143 para jemaah haji yang akan berangkat ke Tanah Suci pada tahun ini, tidak hanya itu para jemaah haji juga dilakukan pengecekan kesehatan, tekanan darah, dan kadar gula. Rabu (11/5/2022) di Aula Kemenag Sambas. 


Kasi pelaksanaan haji dan umrah, Herlan, mengatakan hari ini pelaksanaan pemangilan para jemaah haji kabupaten untuk melaksanakan vaksinasi Miningitis dan Influenza.


"Ya, Hari ini Kementerian Agama Kabupaten Sambas telah melakukan pemanggilan kepada 143 Jemaah Haji untuk melakukan suntikan Miningitis dan Influenza di Aula Kemenag Kabupaten Sambas," Katanya.


Herlan menambahkan, kegiatan tersebut juga disertai pelunasan pembayaran para jemaah haji.


"Selain vaksinasi Miningitis dan Influenza, para jemaah haji melakukan pelunasan pembayaran, yang hari ini juga kita hadirkan pihak bank untuk pelunasan tersebut," Ucapnya.


"Dimana para jemaah haji dikenakan biaya tambahan, namun biaya penambahan tersebut tidak dikenakan biaya, dikarenakan pada tahun 2020 kemarin, yang seharusnya diberangkatkan tetapi ditunda, hingga di tahun 2022 ini mereka baru diberangkatkan, sehingga para jemaah haji hanya menyerahkan bukti pelunasan di tahun 2020 dan akan mendapatkan bukti pelunasan di tahun 2022," Sambungnya.


Herlan menambahkan, keberangkatan para jemaah haji kali ini pihaknya merasa sedih dan bahagia juga dikarenakan seharusnya kouta untuk jemaah haji itu sebanyak 153 ribu untuk jemaah asal Indonesia.


"Kita merasa sedih mengenai keberangkatan jemaah haji dikarenakan kouta untuk Indonesia sebanyak 153 ribu, sedangkan untuk kabupaten Sambas yang awalnya 319 namun, yang akan diberangkatkan itu hanya mencapai 143 Jemaah dan dikarenakan juga pembatasan usia para Jemaah Haji," Ujarnya.


"Kita berharap para jemaah haji lainnya juga bersabar, kerana pembatasan tersebut bukan keinginan kita, pembatasan tersebut telah di tetapkan dan diatur oleh pemerintah Arab Saudi, semoga di tahun depan nanti yang tertuda keberangkatan mnya di tahun 2022 ini bisa berangkat sepenuhnya di tahun 2023 nanti," Tutupnya 


Salah satu peserta Haji Asyarin menceritakan bahwa beliau memang sudah berniat dari hati untuk pergi ke Tanah Suci untuk menunaikan rukun Islam yang ke lima dengan bekerja sebagai pencari kayu dan mendaftarkan diri bersama istri pada tahun 2013. Kurang lebih selama 9 tahun penantian panjang akhirnya di tahun 2022 ini ia bersama istri akan berangkat Haji. 


"Usaha saya sendiri itu bekerja sebagai pencari kayu kebetulan pada saat itu rezekinya ada, jadi saya dan istri mendaftar haji pada tahun 2013 di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sambas," ujarnya. 


Asyarin mengatakan bahwa pada tahun 2020 nama beliau sudah keluar untuk berangkat haji kantas terkenda karena sakit. Ia mengucap syukur akhirnya di tahun 2022 bisa berangkat Haji bersama istri. 


"Seharusnya saya berangkat pada tahun 2020 tetapi harus tertunda lantaran karena ada penyakit dan alhamdulillah pada tahun ini nama saya dan istri keluar sebagai peserta haji pada tahun 2022," kata lelaki berusia 58 tahun itu. 


Saat ditanyakan perihal kesehatan untuk keberangkatan ia mengungkapkan bahwa telah diperiksa kesehatan dan disuntik meningitis oleh tim kesehatan dan dinyatakan sehat. 


"Untuk persiapan kesehatan alhamdulillah sekarang bisa dikatakan sehat tadi juga sudah diperiksa dan saya juga menjaga kesehatan," ucap salah satu peserta haji asal Desa Bukit Segoler. 


Asyarin menutur harap bahwa ia bersama istri dan jamaah lainnya bisa menjalankan haji dengan mabrur


"Mudah-mudahan dengan keberangkatan haji ini bisa melaksanakan ibadah haji dengan mabrur karena itu memang sudah niat dari hati," Tutupnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini