Sinergitas Pemkab Sambas MUI Diberikan Dana Hibah

Editor: Admin author photo

Ket: Bupati Sambas H Satono saat bersama Ketua MUI Kabupaten Sambas Dr. Sumar'in dalam agenda silaturahmi. Jum'at (8/4/2022)

Kabarsambas.com-Bupati Sambas, H Satono, didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Sambas, Ferry Madagaskar, bersilaturahmi sekaligus buka puasa bersama pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sambas periode 2022-2027, di Rumah Dinas Bupati Sambas, Jumat (8/4/2022).



Dalam momen silaturahmi tersebut, Bupati Satono menyampaikan kabar baik kepada pengurus MUI, bahwa di era Satono-Rofi, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sambas akan memberikan hibah sebesar Rp.200 juta sebagai berikut apresiasi dan dukungan kepada para ulama. 



"Di era Satono-Rofi, perhatian kepada MUI oleh Pemda Sambas sangat tinggi, tahun ini kita beri bantuan hibah dana sebesar Rp.200 juta. Selama ini memang MUI hanya diberi hibah sedikit, sekitar Rp.30 jutaan saja," katanya.



Bupati Satono berharap, ulama berperan penting dalam membangun, menyatukan masyarakat melalui dakwah dan diharapkan selalu bersinergi dangan pemerintah untuk membangun Sambas Berkemajuan.



"Saya berharap, pengurus MUI ini tidak sekedar struktur nama yang tercantum di kepengurusan saja, tapi bagaimana setiap divisi itu berperan membangun daerah untuk Sambas Berkemajuan," katanya.



Bupati Satono menegaskan, jika Kabupaten Sambas ingin Berkemajuan seperti visi misi Satono-Rofi, maka porsi agama itu harus ada. MUI harus bersinergi dengan Pemda, dan para ulama harus mengambil peran dalam pembangunan.



"Saya juga ingin ada keterwakilan kaum perempuan di MUI, karena sebagian masyarakat Kabupaten Sambas adalah perempuan, maka mereka juga berhak sebagai penentu maju mundurnya daerah, sebagai penentu arah pembangunan," katanya.



Bupati Satono meminta, dengan anggaran yang diberikan oleh Pemda, MUI membuat program yang konkret dan tidak muluk-muluk, seperti dia mencontohkan, mulai dari pendataan jumlah Masjid dan Surau di seluruh Kabupaten Sambas. 



"Data ini adalah sumber pembangunan, semua program pembangunan pemerintah harus by data. MUI juga harus membuat buku khutbah, agar dakwah bisa sampai ke pelosok desa. Silahkan susun tema yang strategis, bisa memacu pembangunan, meningkatkan kualitas iman dan taqwa masyarakat," Tutupnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini