-->




Sijago Merah Ludeskan Rumah Di Desa Tanjung Putat Sebawi

Editor: Admin author photo

Ket: Kebakaran sebuah rumah di desa Tanjung putat kecamatan Sebawi

Kabarsambas.com-Sebuah Rumah warga di Desa Tanjung Putat Kecamatan Sebawi Ludes dilahap Api. 


Peristiwa kebakaran tersebut terjadi pada pukul 17.00 wib Rabu (20/4/2022)


Asmadi (64) selaku warga yang ikut memadamkan api mengatakan dirinya bersama teman-temannya sedang berkumpul bersama ditempat tongkrongan melihat asap hitam pekat, lalu mereka berpikir bahwa asap itu adalah sebuah kebakaran dan langsung menuju asal kepulan asap tersebut.


"Kami sedang santai di gang sebelah, ketika melihat ke arah rumah ini, kami melihat gumpalan asap yang begitu tebal, jadi ditempat santai kami spontan beramai-ramai lari ketempat yang dikira kebakaran itu," Katanya.


Ketika sudah sampai, Asmadi melihat api sudah membesar, sehingga tidak bisa untuk membantu penyelamatan barang-barang dari dalam rumah tersebut.


"Ketika sampai kami melihat api yang sudah besar, jadi barang-barang tidak ada yang bisa diselamatkan, bahkan orang-orang masih tidak ada ditempat kebakaran," Lanjutnya.


Melihat kondisi tersebut dirinya bersama warga lainnya berupaya untuk memadamkan api yang besar menggunakan alat seadanya.


"Kamipun berusaha memadamkan api dengan ember dan airnya diambil dari sungai dan tempayan yang ada didekat rumah itu," Ujar Asmadi.


Dia mengatakan api bahkan melahap ke rumah sebelahnya dan sempat membakar bagian rumah tersebut, beruntung warga sempat memadamkan api.


"Api sempat merambat kerumah sebelah dan kami fokus memadamkan api yang merambat kerumah sebelahnya, kami sampai memanjat keatas atapnya, yang membantu memadamkan api mungkin ada sekitar 20 orang," Jelasnya.


Asmadi mengatakan bahwa rumah terbakar tersebut sedang kosong dan rumah sebelah yang sempat terbakar juga tidak ada orang.


"Rumah yang terbakar katanya tidak ada orang, dia sedang main ke rumah ibunya yang tidak jauh dari kediamannya," Ungkapnya.


Menurut warga sekitar api disebabkan dari bagian dapur yang menggunakan tungku kayu yang lupa dimatikan.


"Api diduga berasal dari dapur, saat memasak nasi menggunakan tungku (dapur kayu) namun lupa memadamkannya, itu kami dengar dari anaknya," Tutup Asmadi.


Diketahui rumah yang terbakar tersebut adalah milik Ibu Cu Sak Lian (54) yang tinggal berdua bersama putrinya. Keduanya sedang tidak ada dirumah saat kebakaran terjadi. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini