Safari Gemarikan Tekan Angka Stunting

Editor: Admin author photo

Ket: Anggota DPR RI Komisi IV, Maria Lestari saat ditemani Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sambas Ferdinan Syolihin dalam acara Gemari di Desa Sempalai Sebedang Kecamatan Sebawi. Kamis (31/3/2022)

Kabarsambas.com-Anggota DPR RI Komisi IV, Maria Lestari ajak memasyarakatkan gerakan gemar makan ikan (GEMARI)


Maria Lestari melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sambas di Desa Sempalai Sebedang Kecamatan Sebawi, Kamis (31/3) dalam rangka safari gemarikan di Kabupaten Sambas. 


Hadir pada safari gemarikan itu, Direktur Pemasaran Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Erwin, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Sambas, Ferdinan Syolihin, Plt Kadis Kelautan dan Perikanan Kab Sambas, H Sunaryo, Camat Sebawi dan beberapa tamu undangan lainnya.


Dalam sambutannya, Maria meminta masyarakat kabupaten agar membiasakan mengkonsumsi ikan.Untuk memasifkan gerakan gemar makan ikan, lanjut Maria, harus tahu makna dari GEMARI. 


"Untuk memasyarakatkan GEMARI, kita harus tahu dulu, apa itu GEMARI. Gemari dimaksudkan kita disini yakni gerakan memasyarakatkan makan ikan. Karena banyak manfaat yang didapat dari memakan ikan," tuturnya.


Dalam rangka memerangi Stunting atau gagal tumbuh pada pertumbuhan balita, dijelaskan Maria, program gemari sangat tepat dan strategis. Menurut dia, GEMARI merupakan langkah strategis dalam memerangi stunting.


"Kita diarahkan presiden untuk menurunkan angka stunting. Dengan memasyarakatkan gerakan gemar makan ikan ini, salah satu strategi dan upaya kita bersama memerangi tingginya angka stunting. Karena manfaat makan ikan banyak sekali dalam memenuhi kebutuhan protein dan sumber penting lainnya bagi pertumbuhan kita terutama bayi dan balita, ibu hamil," ujar Maria.


Ferdinan Syolihin SE mengungkapkan hal senada dengan Maria Lestari, Anggota DPR RI Komisi IV. Ferdinan, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Sambas mengatakan Kabupaten Sambas memiliki potensi Perikanan yang tinggi, baik itu perikanan air asin ataupun air tawar.


"Daerah kita punya potensi besar terkait perikanan, kita berharap pemerintah pusat memberikan perhatian lebih terutama dukungan pendanaan untuk pembangunan kelautan dan perikanan Kabupaten Sambas," harap Ferdinan.


Dikatakan Wakil Ketua I DPRD, bagaimana pembangunan kelautan dan perikanan berdampak besar pada kesejahteraan para nelayan kabupaten sambas. 


Sekretaris Daerah Kabupaten Sambas, Fery Madagaskar mengungkapkan Kab Sambas memerlukan perhatian Pemerintah Pusat.


"Semoga ada perhatian dari Pemerintah Pusat, termasuk dari DPR RI, bagaimana kondisi kelautan dan perikanan kita mendapat support pendanaan dan program kegiatan. Yang kita harapkan bagaimana nelayan kita bisa melaut dan menghasilkan tangkapan yang dapat mensejahterakan mereka. Karena masih banyak kendala yang dihadapi nelayan kita termasuk kebutuhan bahan bakar solar untuk nelayan," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini