-->

Musim hujan, Anggota DPRD Ingatkan Waspada Penyakit.

Editor: Admin author photo

Anggota DPRD Kabupaten Sambas Bagus Setiadi

Kabarsambas.com- Anggota DPRD Kabupaten Sambas dari Partai PKB, Bagus Setiadi mengingatkan agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap munculnya penyakit.


"Kita mulai memasuki musim penghujan, dimana curah hujan kita rasakan cukup tinggi di berbagai daerah di Kabupaten Sambas, ini juga berlangsung hampir setiap hari," Katanya.


Kondisi tersebut kata dia bisa mengakibatkan munculnya penyakit bagi masyarakat Sambas.


"Beragam penyakit bisa muncul akibat perubahan cuaca yang ekstrim seperti ini, misalnya demam berdarah nah ini mesti menjadi kewaspadaan bersama," Ujarnya.


Dia juga mengatakan beberapa wilayah di Sambas berpotensi munculnya penyakit demam berdarah tersebut dikarenakan sanitasi yang kurang baik.


"Di wilayah padat penduduk seperti Kecamatan Pemangkat, Tebas dan Sambas bisa jadi adalah lokasi yang cukup rawan karena sanitasi yang kurang baik, di Kota Pemangkat misalnya, tumpukan sampah yang menyumbat parit sangat potensial sebagai sarang nyamuk," Tuturnya.


Karena itu, Bagus berharap agar Instansi terkait untuk melakulan langkah preventif, untuk mencegah munculnya demam berdarah.


"Instansi terkait seperti dinas kesehatan kita harap untuk menyiapkan langkah preventif, misalnya menebar abate, lalu instansi lainnya juga melakukan pembersihan selokan dan normalisasi saluran air, karena tak hanya penyakit, banjir juga mengancam dalam kondisi intensitas hujan yang cukup tinggi ini," Katanya.


Masyarakat pinta Bagus juga mesti melakukan langkah pencegahan agar tidak terkena penyakit DBD.


"Warga juga kita ajak untuk bersih-bersih lingkungan dan menyingkirkan sampah yang bisa menjadi sarang nyamuk, ini bisa dilakukan dengan membakar atau menguburnya," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini