-->




KBM AMKS, Fahrur Rofi Ajak Mahasiswa Bangun Kampong

Editor: Admin author photo

Ket: Wabub Fahrur Rofi saat membuka kegiatan KBM AMKS di Dusun Kantan, Desa Sendoyan, Kecamatan Sejangkung. Minggu, (6/3/2022) malam hari. 

Kabarsambas.com-Asrama Mahasiswa Kabupaten Sambas (AMKS) Sultan Muhammad Tsyafiuddin melaksanakan Karya Bhakti Mahasiswa (KBM) tahun 2022.


Wakil Bupati sambas Fahrur Rofi membuka secara resmi KBM AMKS dengan tema Berbakti Tanpa Henti, Berkarya Nyata Demi Mewujudkan Kualitas Sumber Daya Manusia yang Berintelektual, Inovatif dan Berdaya Saing di Dusun Kantan, Desa Sendoyan, Kecamatan Sejangkung. Minggu, (6/3/2022) malam hari. 


Selain wakil Bupati Sambas acara pembukaan tersebut juga dihadiri oleh Camat Sejangkung, Kepala Desa Sendoyan, Kepala Dusun Kantan, Direktur Eksekutif Dompet Ummat Sambas dan para warga setempat.


Wakil Bupati Sambas Fahrur Rofi, S.I.P., M.H.Sc, dalam sambutannya mengapresiasi acara KBM pengabdian mahasiswa kepada masyarakat Dusun Kantan sebagai bentuk perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi.


“Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa AMKS. Meskipun dari kampus yang berbeda-beda tetapi namanya mahasiswa salah satu tugasnya dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah mengabdi kepada masyarakat," katanya .


Rofi menuturkan pada era Satono Rofi mendorong mahasiswa untuk pulang kampung dan membangun kampung, terlebih banyak anak-anak putus sekolah semenjak Pandemi Covid-19 menyerang.


"Di era Satono Rofi, saya bersama Bupati Satono mendorong mahasiswa yang telah selesai menyelesaikan perkuliahan untuk pulang kampung, karena kalau bukan anak muda kita yang membangun kampung, siapa lagi. Terlebih sejak Pandemi Covid-19 banyak anak-anak yang putus sekolah," tuturnya .


Pemuda siap kerja merupakan program yang akan diterapkan pada kegiatan Karya Bhakti Mahasiswa di Dusun Kantan dengan pelatihan pengelolaan hasil pertanian sebagai salah satu mendukung Sambas Berkemajuan untuk menghadapi bonus demografi di masa akan datang. 


"Sekarang sudah ada program pemuda siap kerja yang juga diterapkan oleh mahasiswa di sini untuk mengadakan pelatihan pengelolaan hasil pertanian, maka kami dari pemerintah daerah sangat mendukung hal tersebut untuk menghadapi tantangan di masa akan datang yaitu bonus demografi. 


“Bonus demografi yang terjadi nantinya lebih dari separuh penduduk di Kabupaten Sambas akan dihuni oleh manusia dengan usia produktif mulai dari usia 17 tahun hingga 40 tahun, ini adalah potensi bagus yang harus kita bangkitkan jika pemuda pemudi diarahkan ke hal yang baik tetapi jika tidak diarahkan bisa juga menjadi bencana pengangguran, kejahatan, permasalahan sosial terjadi di mana-mana," kata Wakil Bupati Sambas.


Ketua Umum Asrama Mahasiswa Kabupaten Sambas (AMKS) Sultan Muhammad Tsyafiuddin, Syarifudin mengatakan AMKS terdiri dari dua asrama putra dan satu asrama putri. Asrama tersebut juga diperuntukkan bagi warga Sambas siapa saja yang ingin singgah. kegiatan yang diinisiasi setiap tahunnya terlaksana di Dusun Kantan, Desa Sendoyan. 


“Alhamdulillah kegiatan KBM yang merupakan jadi agenda tahunan pada kali ini diselenggarakan di Dusun Kantan Desa Sendoyan Asrama Mahasiswa Kabupaten Sambas Sultan Muhammad Tsyafiuddin, Syarifudin terdiri dari tiga asrama yang terdiri dari dua asrama putra dan satu asrama putri, jadi yang mengadakan kegiatan KBM di sini asrama putra. Asrama tersebut bukan hanya diperuntukan khusus mahasiswa tetapi jika ada warga Sambas yang ingin mengikuti test, daftar kuliah, atau yang mau ke rumah sakit, asrama tersebut bisa disinggahi siapa saja, kebetulan asrama terletak dekat rumah sakit,” ujarnya 


Syafiuddin berharap kegiatan tersebut terlaksana dengan lancar dengan adanya partisipasi dari warga Dusun Sendoyan 


“Semoga dengan pelaksanaan Karya Bhakti Mahasiswa dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan apa yang kita harapkan. Terlaksananya kegiatan KBM akan berjalan lancar dengan adanya partisipasi dari warga setempat,” tutup Mahasiswa kehutanan untan tersebut.


Dalam acara pembukaan tersebut juga diselingi penampilan shalawat dan nasyid dari Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Iman Kantan dan Madrasah Tsanawiyah (MTS) Miftahul Ulum Kantan


Ketua Panitia Pelaksana Karya Bhakti Mahasiswa (KBM) tahun 2022 Ardiansyah menyampaikan dengan mahasiswa berjumlah 26 orang akan menjalin silaturahmi dan kerja sama bersama masyarakat setempat. 

 

“Alhamdulillah kami dari Asrama Mahasiswa Kabupaten Sambas Sultan Muhammad Tsyafiuddin berjumlah 26 orang belajar menimba ilmu dalam kegiatan KBM di Dusun Kantan. Kami akan menjalin silaturahmi bersama warga selama tujuh hari yang terlaksanakan karena kerja sama kita semuanya dengan jajaran pemerintah daerah dan lembaga Dompet Ummat Sambas dengan jenis kegiatan yang akan dilaksanakan motivasi pendidikan, pelatihan pengelolaan hasil pertanian, ramah tamah dan rumah ilmu, bakti sosial, pertandingan persahabatan, penyuluhan kesehatan, perlombaan rakyat, pembagian paket sembako, bekam massal, tausiah agama, sunatan massal, nonton bareng, pembagian paket sembako, dan malam keakraban,”


Ardiansyah berharap dengan datangnya mahasiswa dapat memetik ilmu dan bersilaturahmi bersama warga. Ia juga mengucapkan ribuan terima kasih atas partisipasi membantu rekan-rekan mahasiswa. 


“Harapannya dengan kehadiran kami di sini bisa mengambil ilmu yang kami dapatkan dari warga Kantan dan kedepannya tetap bisa bersilaturahmi. Terima kasih atas bantuan dan partisipasi saya ucapkan terkhusus masyarakat di Dusun Kantan yang sangat luar biasa, jajaran pemerintah daerah, camat, desa dan lembaga Dompet Ummat," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini