-->

Dr H Sumar'in Terpilih Menjadi Ketua MUI Kabupaten Sambas

Editor: Admin author photo

Ket: Pelaksanaan Musyawarah Daerah ke IV MUI Kabupaten Sambas Tahun 2022. Selasa, (22/3/2022) di Aula Hotel Pantura Sambas. 

Kabarsambas.com – Dr H Sumar'in, M.Si terpilih menjadi ketua  Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sambas dalam Musyawarah Daerah ke IV MUI Kabupaten Sambas Tahun 2022 dengan tema Merekat Ukhuwah Islamiyah Menebar Islam Wasathiyah Menuju Sambas Berkemajuan.


Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Bagian Tata Pemerintahan, Ketua Umum MUI Kalbar, Bendahara Umum MUI Kalbar, Ketua MUI Kabupaten Sambas, Sekretaris MUI Kabupaten Sambas, Porkopimda, peserta Musda serta tamu undangan. Selasa, (22/3/2022) di Aula Hotel Pantura Sambas. 


Bupati Sambas H.Satono, S.Sos.I., M.H melalui kepala Bagian Tata Pemerintahan H.A.Rahmat, S.IP., M.Si memberikan penghargaan setinggi-tingginya dan mengapresiasi ulama san tokoh agama di Kabupaten Sambas yang telah hadir dan berpartisipasi dalam pembangunan Kabupaten Sambas. Keberadaan ummat dan ulama yang mengemban tugas dan emmbantu pemerintah juga sangat penting untuk membantu Kabupaten Sambas tetap aman tentram dan kondusif.


"Saya mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada pimpinan MUI dan tokoh agama Kabupaten Sambas yang secara ikhlas menyiapkan waktu dan menyempatkan diri untuk hadir dalam acara ini.  

Keberadaan umat, keberadaan ulama sangat penting karena ikut mengemban tugas dan ikut serta dalam membantu pemerintah daerah kabupaten sambas agar tetap dalam kondisi yang kondusif," kata Rahmat


Rahmat mengatakan bahwa di Kabupaten Sambas penduduknya terdapat berbagai macam perbedaan ras, suku, tradisi, adat istiadat tetapi tetap rukun dan damai yang mencerminkan kebersamaan dan keharmonisan Kabupaten Sambas. 


"Kita diberi anugerah kemajemukan, warna-warni, bermacam-macam perbedaan ras, suku, adat, dan perbedaan tradisi kita tetap bersatu, rukun dan kita tetap bersaudara. Ini mencerminkan bahwa kebersamaan dan keharmonisan masyarakat Kabupaten Sambas telah terwujud dengan baik. Keberadaan ulama diharapkan dapat meningkatkan peran dan fungsinya ditengah perubahan yang deras, ulama memilih berdiri di garis terdepan dalam mengokohkan sendi-sendi moral, etika, dan spiritual," katanya 


MUI Kabupaten Sambas diharapkan dapat meningkatkan komunikasi untuk menyambung tali silaturahmi, asprirasi dan membantu pemerintah daerah dalam menjalankan program-program Pemda untuk mewujudkan ketertiban dan ketentraman. 


"Maka MUI dapat meningkatkan komunikasi yang efektif guna menyambung aspirasi dan menjalankan program pemerintah untuk mewujudkan ketertiban dan ketentraman. Semoga musyawarah daerah ini menjadi kapasitas peningkatan keumatan dalam rangka membimbing agar menjadi umat yang terbaik," tutupnya. 



Ketua Umum DPD MUI Kabupaten Sambas sebelumnya, H. Syamsuri Syafiuddin menuturkan bahwa Musda MUI yang diselenggarakan dalam lima tahun sekali sudah termaktub dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga MUI. Forum tersebut juga diharapkan mendapatkan hasil keputusan-keputusan penting dalam roda kehidupan organisasi MUI Kabupaten Sambas. 


"Musyawarah Daerah adalah forum permusyawaratan tertinggi organisasi Pimpinan Daerah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sambas, sebagaimana diamanatkan dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga MUI yang diselenggarakan lima tahun sekali. Sebagai forum tertinggi di tingkat daerah, musda diharapkan dapat menghasilkan keputusan penting dalam kehidupan organisasi MUI di Kabupaten Sambas," tuturnya 


Syamsuri menambahkan Musda yang diselenggarakan tersebut menjadi penting karena banyak permasalahan keummatan, kemasyarakatan, kebangsaan, serta kenegaraan untuk di respon. Pada momentum musda ini juga perlu dirumuskan kebijakan-kebijakan strategis guna mengatasi permasalahan yang ada di Kabupaten Sambas. 


"Musda MUI Kabupaten Sambas penting diselenggarakan untuk merespon beragam permasalahan keummatan, kemasyarakatan, kebangsaan dan kenegaraan. Melalui forum ini, diharapkan mampu merumuskan kebijakan-kebijakan strategis sebagai bentuk ikhtiar mencari solusi guna mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada di Kabupaten Sambas," ujarnya.


Ketua MUI Kabupaten sambas terpilih Dr H Sumar`in, M.Si mengatakan selama kepemimpinan menjadi ketua MUI kabupaten sambas berharap dukungan dan support dari masyarakat dan pemerintah kabupaten sambas.


“Saya mengharapkan dukungan dan support terkait niatan kamidalam rangka melakukan pembinana kepada masyarakat kabupaten sambas,  karena kita ketaui bersama kabupaten sambas ini masih tingginya kasus, Hal itu mungkin disebabkan kurangnya ilmu, maka kita perlu untuk perkuat  dimasyarakat.


Dirinya juga berharap keberadaan MUI dapat merekatkan dan mengukuhkan kesatuan dan ukhuah islamiah di kalangan umat muslim di kabupaten sambas.


“Kami ketua MUI akan besinergi untuk mensukseskan setiap program dari pemerintah kabupaten untuk melakukan pembinaan dan menuju sambas yang lebih berkemajuan,” Pungkasnya. (Sai)


Share:
Komentar

Berita Terkini