-->




Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Melalui Festival Ubur-Ubur

Editor: Admin author photo

Ket: Festival Ubur-ubur yang akan dilaksanakan di Temajuk Kecamatan Paloh.

Kabarsambas.com–Dongkrak pertumbuhan ekonomi pemuda desa temajuk bersama dinas pariwisata, kepemudaan dan olahraga kabupaten sambas akan mengelar Festival Ubur-ubur tahun 2022.


Festival Ubur-ubur tahun 2022 recananya akan dilaksankan pada 29-30 maret 2022 di Pantai Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas. 


Ketua Panitia Festival Ubur-ubur tahun 2022, Syamsiar, S.Pd mengungkapakan temajuk merupakan salah satu desa yang masuk 300 besar sebagai desa wisata di Indonesia. Tentunya sebagai desa wisata kata syamsiar ada beban tanggung jawab sebagai desa wisata. Oleh sebab itu setelah pemuda Temajuk kemudian berdiskusi dengan Disparpora Sambas.


“Kegiatan ini berawal dari diskusi beberapa masyarakat pemuda desa Temajuk bersama Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Sambas untuk menginisiasi Festival Ubur-ubur yang bertepatan dengan musimnya sekarang. Rabu, (16/03/2022).



"Terima kasih kepada Disparpora Sambas yang telah mendukung kami untuk mengadakan kegiatan Festival Ubur-ubur di Desa Temajuk, semoga ini menjadi langkah kerja sama yang baik. Meskipun kegiatan ini sudah lama ingin kami selenggarakan tetapi terhambat oleh Pandemi Covid-19. Ini adalah momentum yang tepat untuk kita mengadakan festival Ubur-ubur meski tidak menutup kemungkinan akan kegiatan-kegiatan selingan lainnya pada saat festival nanti seperti galeri UMKM Desa Temajuk," Tambanya.


Selain panen Ubur-ubur kata Syamsiar nantinya akan ada olahan makanan dari Ubur-ubur yang terdiri dari sate Ubur-ubur, pecal Ubur-ubur dan kerupuk Ubur-ubur. 


"Kuliner dari bahan Ubur-ubur, kuliner ini biasa dilakukan di Temajuk hanya saja tidak terekspos dan belum menjadi sesuatu yang wah. Jadi oleh sebab itu Disparpora menyarankan diadakan festival Ubur-ubur yang bisa saja dengan bahan Ubur-ubur diolah menjadi sate Ubur-ubur, pecal Ubur-ubur, dan menjadi kerupuk Ubur-ubur. Dan ini memang didukung penuh oleh Disparpora Sambas," katanya.


Panen Ubur-ubur dianggap budaya karena kegiatan panen Ubur-ubur setiap tahun dan selalu jadi momen yang ditunggu-tunggu warga, oleh sebab itu budaya tersebut harus dilestarikan untuk dimajukan.


"Karena Ubur-ubur ini ada kegiatan panen tahunan di Temajuk dan terkadang jika cuaca kurang baik dan gelombang tinggi Ubur-ubur tidak ada. Terkadang juga dalam satu tahun Ubur-ubur tidak muncul, tetapi untuk tahun ini sudah tiga mingguan masyarakat mulai panen Ubur-ubur. Kedepannya akan kita buat berbagai macam di desa wisata Temajuk ini, bahkan kurang lebih tiga tahun terakhir ada festival pesisir paloh yang juga diselenggarakan di Desa Temajuk," ujarnya


Banyak yang bertanya-tanya kenapa festival tersebut digelar pada hari kerja, alasannya diadakan saat hari kerja ialah agar instansi pemerintahan dapat hadir ke Desa Temajuk jika diundang


"Dipilih hari kerja (weekdays) pada kegiatan festival Ubur-ubur ini karena kami berharap dari instansi pemerintah bisa hadir ke desa Temajuk, karena pada saat hari dinas dan ada undangan kan mereka insyaa Allah bisa hadir, tetapi di saat hari libur akan sedikit susah untuk hadir ke Desa Temajuk yang menurut kita terbilang jauh dari pusat pemerintah Kabupaten Sambas," jelas Syamsiar


Lebih lanjut ia berharap bahwa diadakannya kegiatan tersebut dapat mengenalkan Temajuk sebagai desa wisata yang kaya akan sumber daya alam dan wajib dilestarikan. Selain itu dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi, mengurangi pengangguran dan mensejahterakan masyarakat Desa Temajuk. 


"Kegiatan yang akan kami lakukan ini dapat mengenalkan desa Temajuk sebagai desa wisata juga mengenalkan sumber daya alam dan melestarikannya. Kami juga ingin meningkatkan pertumbuhan ekonomi, dengan ramainya orang yang berkunjung ke Desa Temajuk banyak peluang usaha untuk masyarakat setempat. Dengan usaha-usaha tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Temajuk dan busa mengatasi pengangguran yang ada di Desa Temajuk," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini