-->




Tata Desa Wisata, Poltesa Dampingi Masyarakat Desa Temajuk

Editor: Admin author photo

Ket: pendamping desa wisata Temajuk yang dilakukan oleh poltesa Sambas bekerjasama dengan masata dan lagi Kalbar. 

Kabarsambas.com-Dalam upaya menata desa wisata, serta mempersiapakn diri dalam menyongsong geopark atau peran masyarakat untuk melindungi dan meningkatkan fungsi warisan alam. Kampus Poltesa sambas melaksanakan program pendampingan masyarakat desa temajuk kecamatan paloh.



Dosen Manajeman Bisnis Parawisata Poltesa, Hikmah mengatakan pendampingan yang dilakukan telah dimulai pada 13 Februari 2022 lalu hinnga dua minggu kedepan. Program pendampingan ini kata Hikmah pihaknya mendapatkan disupport dari Masata dan Iagi Kalbar.

 


”Untuk pelaksanaan pendampingan dilaksanakan secara live yang artinya para pendamping akan terkompetensi tinggal bersama masyarakat selama dua minggu,” Ujarnya. Rabu (16/2/2022)

 


Selama pendampingan disampaikan Hikmah rencana pendampingan yang dipersiapkan berupa pendampingan pada tata kelola desa wisata, pendampingan homestay dan pendampingan tour guide lokal.


 



“Kegiatan ini diikuti sangat antusias oleh masyarakat, baik dari pengelola desa wisata, pengelola homestay, maupun calon tour guide lokal yang merupakan gabungan dari Pokdarwis maupun karang taruna Desa Temajuk,” Ungkapnya.


 


Untuk masyarakat yang didampingi dilakukan dengan sistem coaching atau suvervisi dengan pendekatan tersendiri sehingga masyarakat yang mendapatakan program pendampingan memiliki pemahaman dalam pengelolaan desa wisata, pengelolaan homestay dan tour guide.


“Dalam pendampingan ini masyarakat juga dibantu dengan peralatan praktik sederhana untuk mensupport kegiatan baik untuk homestay maupun tour guide. Bantuan tidak hanya dilakukan oleh Poltesa melalui Kemenparekraf namun Pemda juga memberikan bantuannya pada pengelola homestay maupun tour guide,” Tuturnya.


Hikmah berharap kegiatan yang mereka lalukan mendapat disupport lebih banyak lagi dari berbagai pihak dalam upaya meningkatkan SDM yang berkualitas. (Sai)



Share:
Komentar

Berita Terkini