-->

Sambas Raih Kabupaten Terinovatif Perbatasan

Editor: Admin author photo

Sekda Kabupaten Sambas Ferry Madagaskar saat menerima penghargaan Kabupaten terinovatif Perbatasan. Kamis (17/2/2022)

Kabarsambas.com-Kabupaten Sambas ditetapkan oleh Menteri Dalam Negeri sebagai Kabupaten terinovatif kategori Perbatasan peringkat ke-3.


 Hal itu juga di raih OPD dalam rangka Penghargaan Inovasi Daerah dan Piagam Penghargaan Indeks Daya Saing Daerah Kabupaten Sambas Tahun 2021 yang tertempat di Aula Utama Kantor Bupati Sambas. Kamis, (17/02/2022).


Bupati Sambas dalam sambutannya yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sambas, Ir.H.Fery Madagaskar, M.Si menyampaikan bahwa, Indeks Daya Saing Daerah Kabupaten Sambas Kabupaten Sambas 2021 meningkat dari kategori sedang menjadi kategori menjadi kategori tinggi. Selain itu Kabupaten Sambas juga ditetapkan sebagai Kabupaten Terinovatif kategori Perbatasan peringkat ke-3. 


"Alhamdulillah ditahun 2021 kita dapat meningkatkan Indeks Daya Saing Daerah Kabupaten Sambas yang mana IDSD Kabupaten Sambas meningkat pada dari kategori sedang menjadi tinggi dan mendapatkan apresiasi dari Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) atas pencapaian Kabupaten Sambas,” Katanya.


 


Selain itu kata Sekda Ferry Madagascar, Kabupaten Sambas ditetapkan oleh Menteri Dalam Negeri sebagai Kabupaten terinovatif kategori Perbatasan peringkat ke-3, serta menerima penghargaan Inovatif Government Award Tahun 2021.


 


“Mendagri menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah terinovatif akan diusulkan untuk memperoleh Dana Insentif Daerah (DID) Bidang Inovasi Daerah ke Kementerian Keuangan," ujarnya. 


 


Ferry Madagascar juga menyampaikan, Indikator keberhasilan pembangunan menjadi rekomendasi dalam penyusunan dan penerapan strategi untuk merencanakan pembangunan daerah.


 


“IDSD merupakan indikator-indikator keberhasilan pembangunan yang telah dicapai serta menjadi acuan rekomendasi dalam menyusun dan menerapkan strategi perencanaan pembangunan daerah, agar lebih optimal melalui pemanfaatan seluruh potensi yang dimiliki dalam rangka mencapai kesejahteraan masyarakat yang tinggi dan berkelanjutan,” Papar dia.


 


“Meningkatnya IDS Daerah Tahun 2021 adalah berkat kerja sama kolaborasi berbagai stakeholder baik dari unsur internal Pemerintah Kabupaten Sambas, instansi perguruan tinggi, perbankan dan swasta serta masyarakat," sambungnya. 


 


Fery mengajak seluruh jajaran untuk bersama-sama meningkatkan IDSD agar ditahun-tahun selanjutnya bisa mempertahankan gelar terinovatif demi kesejahteraan masyarakat. 


 


"Pada tahun ini mari kita bersama-sama meningkatkan Kemampuan Kabupaten Sambas bersaing bersama daerah lainnya dengan cara Inovatif, serta mempertahankan gelar terinovatif untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sambas yang Berkemajuan," pungkasnya. 


 


Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Sambas Ediyan, SE, MP dalam laporannya menyampaikan, Berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 002.6-5846 Tahun 2021 tentang Penerima Penghargaan Pemerintah Daerah Inovatif Kemendagri Nomor 006.2/7048/SJ tentang Pelaksanaan Penganugerahan Inovatif Government Award Tahun 2021, maka Kabupaten Sambas ditetapkan sebagai Kabupaten Terinovatif kategori Perbatasan peringkat ke-3 serta menerima penghargaan Inovatif Government Award Tahun 2021. 


 


Bupati telah menerima penghargaan tersebut dari Kementerian Dalam Negeri pada Desember lalu. 


 


"Penghargaan tersebut telah diterima langsung oleh Bupati Sambas di Kementerian Dalam Negeri pada Rabu (29/12/2021). Pada kesempatan tersebut Mendagri juga menyampaikan Pemerintah Daerah Terinovatif akam diusulkan untuk memperoleh Dana Insentif Daerah (DID) Bidang Inovasi Daerah ke Kementerian Keuangan," ucapnya 


 


Dia juga memaparkan untuk meningkatkan global kompetitif indeks IDSD berperan penting dalam menilai peningkatan Indeks Daya Saing Daerah Kabupaten Sambas 


 


"IDSD oleh Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) digunakan untuk meningkatkan global kompetitif indeks tingkat Internasional. IDSD menjadi instrumen penting dalam menilai keberhasilan Kabupaten Sambas agar dapat bersaing dengan daerah lain dan mendukung daya saing nasional,” jelasnya.


 


Dia juga menginformasikan, pada tahun 2021 berdasarkan surat Deputi Pemanfaatan Riset dan Inovasi Badan Riset Inovasi Nasional Nomor B307 Tahun 2021 tanggal 30 Desember 2021 perihal Hasil Pemetaan Ekosistem Inovasi melalui Indeks Daya Saing Daerah Tahun 2021, maka IDSD Kabupaten Sambas meningkat


 


Sekretaris Bappeda Sambas itu mengatakan dengan diselenggarakan nya acara tersebut bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada OPD, organisasi masyarakat, admin inovasi, operator inovasi dan masyarakat 


 


"Adapun tujuan diselenggarakannya acara pada hari ini adalah untuk memberikan apresiasi kepada perangkat daerah, organisasi masyarakat, masyarakat serta admin inovasi Kabupaten Sambas dan operator inovasi perangkat daerah yang telah berkontribusi dalam meningkatkan IDSD Kabupaten Sambas Tahun 2021. Selain itu juga memberikan apresiasi kepada perangkat daerah, instansi vertikal, perguruan tinggi, perbankan, swasta serta admin IDSD Kabupaten Sambas yang telah berkontribusi dalam meningkatkan Indeks Daya Saing Daerah Kabupaten Sambas Tahun 2021," Pungkasnya. (Sai)



Share:
Komentar

Berita Terkini