-->




Fahrur Rofi Pimpin Kwartir Cabang Sambas periode 2021-2026

Editor: Admin author photo

Ket: Wakil Bupati Sambas Fahrur Rofi saat menyampaikan sambutan dalam acara muscab Ke V Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Sambas. Selasa (15/2/2022) di Aula Kantor Bupati Sambas.

Kabarsambas.com-Fahrur Rofi terpilih menjadi ketua Pramuka Kwartir Cabang Sambas periode 2021-2026.



Wakil Bupati Sambas tersebut terpilih seusai melakukan Musyawarah Cabang ke V Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Muscab ke V Kwarcab) Sambas. Selasa, (15/2/2022).



Ketua Kwarcab Sambas 2021-2026 Fahrur Rofi, S.IP, M.H.Sc menyampaikan Pramuka Sambas sememangnya harus terkoneksi dengan program pemerintah serta visi misi pembangunan daerah.



"Pramuka Sambas sudah beberapa kali audiensi bersama Bupati dan juga kepada saya Wakil Bupati mengenai program Pramuka yang sangat sinkron dengan program-program pemerintah daerah Sambas Berkemajuan," katanya.



Fahrur Rofi mengatakan Pramuka dan Pemuda bersama dengan Pemerintah Kabupaten Sambas harus berperan aktif untuk meningkatkan kualitas kaum muda, menjaga sesama dari tindakan serta perbuatan yang merugikan diri sendiri dan orang lain.





"Ditengah cobaan yang melanda Kabupaten Sambas pada hari ini, nomor satu yang tidak bisa dan tidak boleh kita banggakan yaitu kejahatan Asusila dan Narkoba yang sangat memprihatinkan. Harapannya kedepan musyawarah hari ini jadi tonggak kebangkitan Pramuka Sambas dan bisa ikut bersama-sama dengan Pemda Sambas untuk membangun Kabupaten Sambas kedepannya yang lebih berkemajuan. Jika Bupati dan Wakil Bupati yang memberantasnya tidak akan mampu maka dengan itu diperlukan kolaborasi bersama Pramuka Sambas untuk menyelamatkan generasi penerus kita kedepan," paparnya.





Fahrul Rofi juga berharap semakin berkiprahnya Gerakan Pramuka dapat bersama-sama mewujudkan program Gerbang Kartiasa, terlebih Kabupaten Sambas sedang menghadapi bencana kejahatan seksual dan narkoba yang sangat tinggi. 





"Gerakan Pembangunan Karakter Bumi Pekerti Anak Sambas (Gerbang Kartiasa) merupakan yang paling tepat untuk Pramuka berkiprah selain sektor-sektor lainnya yang bisa dimasuki oleh Gerakan Pramuka. Apalagi sekarang kita menghadapi prestasi yang tidak bisa dibanggakan yaitu kejahatan Asusila dan Narkoba yang sangat memprihatinkan maka dengan berkiprahnya Pramuka di Gerbang Kartiasa semoga bisa bersama-sama kita memberantas hal tersebut," ujarnya.



"Kedepannya Gerakan Pramuka bisa lebih maksimal kiprahnya di Kabupaten Sambas terutama dalam mendukung program-program pemerintah kedepannya dan bisa lebih eksis. Pada intinya Pramuka harus bersinergis dengan semua elemen sehingga yang awalnya Gerakan Pramuka ini dicanangkan oleh pendiri Pramuka Indonesia pada masa lampau bisa diimplementasikan di Kabupaten Sambas pada khususnya," Tutupnya.



Sementara Ketua Kwarcab Sambas sebelumya, Sambas H. Sudarto, EP, S.Pd,SD menyampaikan bahwa Muscab ialah pengambilan keputusan tertinggi yang dilaksanakan 5 tahun sekali di tingkat cabang yang di mana peserta Muscab dari unsur Kwartir Ranting yang ada di Kabupaten Sambas. 




"Terima kasih kepada Pemda Sambas yang telah memberikan dukungan kepada Pramuka Kwarcab Sambas. Saya juga mengapresiasi setinggi-tingginya kepada panitia Muscab yang telah bekerja keras demi terselenggaranya Muscab ke-V, semoga berlangsung dengan lancar serta tersusun rencana kerja 5 tahun kedepan yang lebih adiktif dan implementatif,” katanya. 




Muscab tersebut merupakan pengambilan keputusan tertinggi di tingkat cabang dan diadakan lima tahun sekali yang termaktub dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Pasal 88 Keputusan Munas ke 10 Gerakan Pramuka Tahun 2018 di Kendari.




Ia juga menyampaikan permohonan maaf atas tertundanya dilaksanakannya Muscab ini yang sebelumnya sudah dijadwalkan pada pada Minggu, (12/12/2021). 




"Kami mohon maaf kepada kakak-kakak semuanya, seyogyanya Muscab ini kami selenggarakan harusnya pada Minggu, 12 Desember 2021 tetapi karena satu dan lain hal terselenggara pada hari ini," Kata Sudarto.



Sementara itu, Ketua Kwartir Daerah Kalimantan Barat Syarif Abdullah Alkadrie, S.H., M.H. juga menyampaikan bahwa Muscab selain untuk memilih ketua baru juga sebagai forum evaluasi dan menentukan program kerja Pramuka kedepannya 





"Selamat bermusyawarah kepada kakak-kakak di Kwarcab Sambas. Musyawarah Cabang merupakan suatu proses di dalam suatu organisasi gerakan pramuka dalam melaksanakan Musyawarah selain dalam pemilihan ketua baru dan pembentukan kepengurusan baru Kwarcab Sambas masa bakti 2021-2026 serta mengevaluasi dan menentukan program kerja kedepannya untuk lima tahun kedepan," ucapnya 





Dia juga mengatakan, pada tahun ini cukup banyak kegiatan Nasional dan Daerah yang mana Pramuka Sambas diharapkan bisa berkontribusi dalam setiap kegiatan yang ada. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini