-->


Desa Sejiram dan Tanjung Keracut Terima Bantuan Bibit Kelengkeng

Editor: Admin author photo


Ket: Ketua Perhiptani Kalbar, Mahendra Perdana saat hadir dalam penyerahan Bibit Kelengkeng

Kabarsambas.com-Pemerintah pusat mengucurkan bantuan bibit lengkeng sebanyak dua ribu batang kepada dua Desa di Kabupaten Sambas, Sejiram dan Tanjung Keracut.


Program ini di dorong oleh Anggota DPR-RI Daniel Johan, Dirinya mengungkapkan dengan bantuan bibit tersebut masyarakat diharapkan tak hanya bisa mengkonsumsi buah berkualitas, namun juga bisa menjualnya ke pasar.


"Bantuan bibit produktif seperti lengkeng ini bertujuan agar para petani bisa mengahsilkan buah-buahan bernilai ekonomi. Masyarakat bisa mengkonsumsi buah dari hasil panen sendiri dan tentu mereka bisa menjual ke pasar dengan harga yang menguntungkan," ujarnya.


Legislator partai PKB tersebut juga berharap agar masyarakat merawat dengan baik bantuan tersebut, hingga menghasilkan buah yang melimpah.


"Sehingga nantinya akan lahir kampung buah di setiap desa dengan ciri khas masing-masing," katanya.


Program serupa kata Daniel Johan, juga akan terus di dorong dan dikembangkan pada daerah atau desa lainnya.


"Program kampung buah ini akan terus kita dorong, agar Kementerian pertanian menganggarkan lebih banyak jenis buah tentu dengan melihat agroklimat dari masing jenis tanaman," jelasnya.


"Saya akan dorong agar semakin luas desa yang tersentuh dengan berbagai jenis buah sehingga ketergantungan kita terhadap buah impor semakin ditekan, buah dari hasil petani kita semakin banyak mengisi pasar-pasar yang ada baik tradisional maupun pasar modern," Tutupnya. 


Sementara Ketua Perhimpunan Penyuluh Pertanian (Perhiptani) Kalimantan Barat, Mahendra Perdana, yang juga hadir di saat penyerahan bantuan bibit lengkeng tersebut mengatakan, para sudah semestinya mendapatkan perhatian yang besar oleh pemerintah.


"Alhamdulillah dua ribu batang bibit lengkeng telah disalurkan, ini diharapkan akan mampu membantu perekonomian mereka semua," jelasnya.


Program Kampung Buah kata Mahendra adalah upaya yang patut diapresiasi, pasalnya dengan hasil lengkengnya kelak, Desa Sejiram dan Tanjung Keracut akan semakin dikenal, mampu meningkatkan taraf hidup warganya.


"Dalam beberapa tahun mendatang orang-orang akan tahu bahwa di Sambas ada dua desa yakni Sejiram dan Tanjung Keracut, sebagai sentra buah lengkeng, semakin berkembang dan tentu berdampak baik kepada masyarakatnya," papar Mahendra.


Dia juga mengingatkan agar para petani penerima bantuan bibit lengkeng tersebut, terus dipantau dan dibantu oleh para penyuluh pertanian.


"Ini agar para petani bisa menghasilkan buah lengkeng berkualitas baik, dengan hasil panen yang melimpah," terangnya.


"Saya juga ingin menyampaikan terima kasih kepada Anggota DPR RI asal Kalbar, bapak Daniel Johan yang telah mendorong terwujudnya bantuan dan program kampung buah tersebut," pungkasnya.


Sementara itu, Kepala Desa Sejiram Hemdi mengatakan, bantuan tersebut menumbuhkan semangat baru bagi petani. 


"Terkait bantuan bibit Lengkeng ke Desa kami Sejiram, dampaknya menimbulkan nuansa baru bagi petani/pekebun, masyarakat pun berbondong-bondong untuk menanam," ungkapnya.


Dengan demikian kata Kepala Desa, Sejiram kini tak hanya mengandalkan hasil buah jeruknya saja, namun kini sudah memiliki produk pertanian baru yakni lengkeng.


"Pada prinsipnya ,selain penghasil buah jeruk, nanti 4-5 tahun kedepan Sejiram mudah-mudahan menghasilkan buah lengkeng untuk meningkatkan penghasilan petani,ini tidak terlepas dari Misi dan Visi Bupati Sambas yang Berkemajuan," terangnya.


"Sekali lagi kami terima Kasih Kepada Kelompok Terang Tanah yang telah mengusulkan bibit lengkeng melalui Dinas Pertanian, BPP Kecamatan Tebas,di bantu melalui Bang Along kita Mahendra yang melobi ke Pusat, sehingga terlesasi oleh Anggota DPR RI, Bapak Daniel Johan," pungkasnya.


Penerima bantuan, Kelompok Tani Terang Tanah melalui ketuanya Dessandi mengapresiasi bantuan yang mereka dapat.


"Terimakasih kepada Bapak Daniel Johan yang telah mewujudkan ajuan kelompok kami, serta bang Mahendra Perdana yang terus mengawal beragam bantuan kepada para petani termasuk kelompok tani Terang Tanah," ungkapnya.


Pihaknya kata Dessandi, akan memanfaatkan dengan baik bantuan bibit yang telah diperbantukan kepada mereka.


"Sehingga kami kelak bisa menjadi petani buah lengkeng yang berhasil dan mampu meningkatkan perekonomian keluarga, Desa Sejiram juga akan semakin dikenal sebagai daerah penghasil buah lengkeng di Sambas, inshaAllah kita akan berupaya maksimal agar buah lengkeng dari Sejiram akan berkualitas sangat baik dan membanggakan," Tutupnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini