-->


Perlu Sinergitas Dalam Menurunkan Angka Stunting

Editor: Admin author photo

Ket: Bupati Sambas H Satono saat menghadiri konvergensi, koordinasi dan konsolidasi lintas program dan lintas sektoral. Jumat (3/12/2021) 


Kabarsambas.com-Upaya menurunkan angka stunting maka perlu sinergitas antar lintas sektoral.


Hal ini disampaikan Bupati Sambas H Satono saat menghadiri konvergensi, koordinasi dan konsolidasi lintas program dan lintas sektoral membahas penurunan stunting di Hotel Pantura Jaya, Jumat (3/12/2021) lalu.


Kemudianan disampaikan Bupati Dinas Kesehatan melalui Puskesmas di setiap kecamatan adalah leading sektor, maka pencegahan dan penurunan angka stunting di Kabupaten Sambas harus dilakukan dengan memberikan intervensi-intervensi berupa arahan dan sosialisasi kepada masyarakat. Setelah itu, keberhasilan program yang dilaksanakan oleh pemerintah juga tergantung kepada masyarakat itu sendiri.


"Intervensi-intervensi berupa arahan dan sosialisasi inilah yang harus kita gencarkan. Disamping program-program pencegahan yang di implementasikan langsung ke masyarakat. Kemudian, keberhasilan program itu juga tergantung kepada kepatuhan masyarakat kepada pemerintah. Karenanya saya ingin masyarakat bekerjasama dan kooperatif dengan Pemerintah," ujarnya.



Selain itu peran para tokoh agama dan tokoh masyarakat dalam sosialisasi pencegahan dan penurunan stunting di Kabupaten Sambas. Contoh kata dia, sosialisasi yang paling mudah, bisa dilakukan di tempat ibadah seperti, Masjid, Gereja, Vihara dan lain-lain.


"Kita harus komitmen dalam keseriusan menurunkan angka stunting tersebut. Peran tenaga kesehatan itu paling vital sebagai ujung tombak pemerintah. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan, monitoring progres report, sampai evaluasi. Jika tidak berhasil, berarti ada yang salah," jelasnya.


Bupati juga mengungkapkan Kalbar berada di ranking sepuluh besar angka stunting se-Indonesia. Kemudian, Sambas termasuk daerah yang angka stunting tinggi di Kalbar. Diapun merasa yakin sekali, jika pemerintah melalui leading sektornya mampu membangun sinergitas dengan masyarakat, maka program tersebut akan berdampak signifikan. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini