-->


Kunjungi Bekasi, DPRD Sambas Tertarik Gerakan Masyarakat Membaca, Pintar dan Taqwa

Editor: Admin author photo

Ket: Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sambas Ferdinan Syolihan saat mengunjungi kota Bekasi pelajari Program gerakan masyarakat membaca pintar dan takwa

Kabarsambas.com-Program Gerakan Masyarakat Membaca, Pintar dan Taqwa Kabupaten Bekasi, menarik perhatian Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sambas. 


Wakil Rakyat, dipimpin langsung Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Sambas, Ferdinan Syolihin SE, melakukan kunjungan kerja ke Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bekasi, Jumat (17/12/2021)


Rombongan DPRD Kabupaten Sambas disambut hangat Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bekasi H Adeng Hidayat didampingi pejabat struktural dan fungsional Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kab Bekasi. Tuan Rumah memperkenalkan tugas fungsi dan program unggulan dinasnya di Studio Mini Dinas Kearsipan dan Perpustakaan. 


Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Sambas, Ferdinan, GEMMPITA menarik perhatiannya. Menurut dia, konsep yang dituangkan dalam program itu cukup berkesan dan dinilai punya konsep kesesuaian untuk diterapkan di Kabupaten Sambas. 


“Kami dari lembaga legislatif, kedepan berkomitmen untuk memberikan perhatian pada aspek kearsipan dan perpustakaan. Apalagi di Kab Sambas sudah dibangun Gedung Perpustakaan yang dibiayai APBN dan terbilang bangunan yang mewah di Kab Sambas. Bagaimana kehadiran sarana prasana baru kearsipan dan perpustakaan di Kab Sambas, mampu meningkatkan angka literasi daerah,” katanya.


Menurut Ferdinan, Program GEMMPITA bisa diadopsi Kabupaten Sambas. Dia menegaskan, hasil kunker itu, akan menjadi bahan penting wakil rakyat untuk bersama-sama eksekutif kedepannya memajukan literasi di Kabupaten Sambas. 


“Kami sudah melihat bagaimana Kabupaten Bekasi memberikan komitmen yang tinggi terhadap pembangunan literasi didaerahnya. Bagaimana mereka melihat banyak peluang keramaian diruang publik, untuk dijadikan sasaran literasi. Mereka hadirkan Kolecer, atau kotak literasi cerdas, yang ditempatkan di fasilitas publik, sehingga mereka yang sedang mengakses pelayanan publik, seperti di kantor pencatatan sipil, sambil menunggu antrian pelayanan, dapat memanfaatkan kolecer tadi,” ungkapnya.


Sementara Wakil Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sambas Sehan A Rahman mengapresiasi dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bekasi meningkatkan budaya literasi ditengah-tengah masyarakat yang sekarang ini sangat menggandrungi gawai atau gadget. Program Gemmpita dan Kolecer mereka, dinilai Legislator Partai Golkar Kabupaten Sambas ini, sebagai bentuk komitmen dan semangat mereka melakukan terobosan-terobosan ditengah-tengah kondisi digitalisasi. 


“Pemikiran-pemikiran kreatif dinas mereka, memberikan banyak tambahan wawasan bagi kita untuk meningkatkan budaya baca atau literasi. Bagaimana langkah nyata dan komitmen mereka menyediakan bacaan digital, bahkan temanya disesuaikan dengan konsep kekinian, seperti membaca peluang pandemi seperti sekarang ini dengan menghadirkan bacaan digital terkait kiat-kiat semangat berbisnis dalam kondisi pandemi. Ini tentunya merupakan terobosan baik, dan bisa kita reaplikasikan di daerah kita,” Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini