-->

Komitmen Memajukan Sektor Pertanian, Bupati dan Wakil Bupati Gelar Temu Teknik Penyuluh Petanian

Editor: Admin author photo

Ket: Bupati Sambas H Satono dan Wakil Bupati Sambas Fahrur Rofi gelar temu teknis Penyuluhan pertanian. Jum'at (18/11/2021) di Aula Kantor Bupati Sambas

Kabarsambas.com-Komitmen memajukan sektor pertanian. Pemkab Sambas berupa meningkatkan kapasitas kelembagaan penyuluhan pertanian tingkat kecamatan dan desa.


Tatap muka bertajuk Temu Teknis Penyuluh Pertanian Kabupaten Sambas ini dihadiri langsung oleh Bupati Sambas H Satono dan Wakil Bupati Sambas Fahrur Rofi. Jumat (18/11/2021)


Bupati Sambas H. Satono mengatakan tatap muka penyuluhan pertanian se-kabupaten Sambas ini untuk meningkatkan kapastias kelembagaan penyuluh pertanian yang bertujuan untuk memajukan sektor pertanian.



"Ya ini adalah upaya starting awal kita semua bagaimana membangun komitmen bersama dengan seluruh stakeholder bagaimana percepatan pembangunan sektor pertanian. Apalagi Sambas adalah lumbung padi dan beras bagi Kalimantan Barat,” ujarnya.


Bupati mengungkapkan pentingnya peran penyuluh pertanian bagi kemajuan sektor pertanian di daerah dan kemandirian ekonomi petani sangatlah penting. Terlebih Sambas punya banyak potensi di sektor pertanian seperti jeruk, padi, buah naga, pinang dan lain-lain.


“Semakin banyak potensi pertanian yang kita miliki maka peran penyuluh pertanian semakin dibutuhkan. Kalau sekarang kita lihat jumlah penyuluh tidak proporsional. Itu yang sedang kita pikirkan ke depan bagaimana penyuluh dapat bekerja dengan efektif dan efisien,” ungkapnya.


Pemkab Sambas berharap setiap desa mempunyai satu orang penyuluh pertanian, sedangkan situasi saat ini ada satu penyuluh yang mendampingi sampai lima desa. Hal itu menurut dia, jauh sekali dari visi misi Sambas Berkemajuan.


Kemudian, selain penyuluh masalah lain di sektor pertanian yang sedang menjadi momok bagi para petani adalah sektor hilir. Saat ini kata dia, pemerintah daerah sedang berusaha untuk menyediakan sektor hilir pertanian tersebut.


“Ke depan saya ingin pertanian di Sambas akan menjadi sektor yang primadona. Karena kenceng periuk orang Sambas ada di pertanian,” Pungkasnya. (Sai)



Share:
Komentar

Berita Terkini