-->

Bupati Mengapresiasi Ekspor Pinang keluar Negeri

Editor: Admin author photo

Ket: Bupati Sambas H. Satono saat memantau pinang yang ingin di ekspor ke India

Kabarsambas.com-Kabupaten Sambas memiliki banyak potensi sumber daya manusia (SDA) yang bisa di ekspor. Salah satunya adalah buah pinang.


Bupati Sambas, Satono memberikan dukungan penuh adanya ekspor buah pinang Sambas oleh PT Agro Borneo Maju ke India yang dilakukan seorang pengusaha di Senturang, Kecamatan Tebas, Sabtu (6/11/2021). Dirinya sangat apresiasi terhadap pengusaha di Senturang yang bisa melakukan ekspor pinang ke luar negeri.


"Padahal kalau kita lihat, kebun pinang di Sambas ini tidak begitu banyak. Tapi eksportir bisa mengumpulkan pinang dari petani. Sehingga itu tidak langsung akan menjalankan roda perekonomian masyarakat," Jelasnya.


Harapan bupati masyarakat sadar akan potensi buah pinang dari segi ekonomi. Dia mengajak masyarakat banyak-banyak menanam pinang yang memiliki kualitas yang baik agar bisa dijadikan investasi jangka panjang bagi petani.


"Masyarakat kebanyakan hanya menanam pinang sebagai selingan saja. Tapi sekarang petani sudah sadar nilai dan potensi pinang. Artinya, saya ingin apapun sumber daya alam kita yang bisa berdampak pada ekonomi masyarakat itu harus dimaksimalkan," ujarnya.


Dirinya juga meminta masyarakat petani untuk tidak takut bercocok tanam. Dia menyebut, dari ujung Selakau sampai ujung Subah, apapun ditanam bisa hidup. Apalagi tanaman itu dirawat, dipupuk dan dijaga dengan rutin. Hasilnya bisa berkali-kali lipat.


"Potensi ekspor sangat terbuka lebar bagi petani dan pengusaha di Kabupaten Sambas. Sebab, Sambas memiliki pintu keluar masuk Malaysia dari PLBN Aruk ke Biawak," ungkapnya.


Bupati meminta ekspor pinang yang dilakukan di Senturang, bisa berkelanjutan sehingga para petani pinang bisa merasakan dampaknya secara langsung. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini