-->

Tuntut Progres Lanjut Kebun Raya Sambas (KRS) Guna Maksimalkan Parawisata

Editor: Admin author photo

Ket: Pengurus Komite Mahasiswa Kabupaten Sambas

Kabarsambas.com
-Komite Mahasiswa Kabupaten Sambas (KMKS) mengharapkan progres lebih lanjut terkait Kebun Raya Sambas (KRS).


Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua Umum KMKS Muhammad Rifa'ie. Selasa (26/10/2021)


"Kebun Raya Sambas (KRS) harus dibangun sebaik mungkin dari segi fasilitas penunjang nya bukan hanya sekedar buat jalan dan launching saja," ujarnya.


Rifai menyebutkan kritikan yang disampaikan tujuan agar lebih maksimal dalam menarik wisatawan lokal maupun wisatawan luar.


"Ya, kita harapkan memang dengan di launchingnya KRS ini nantinya bisa menarik banyak wisatawan baik yang lokal maupun luar," jelasnya.


Namun untuk menarik banyak wisatawan tentu harus ditunjang dengan fasilitas yang baik, bukan hanya jalan saja tapi masih banyak hal lainnya.


"Tentu seperti akses jaringan internet, fasilitas untuk penginapan, tempat ibadah, MCK dan juga fasilitas untuk jajanan dan makan berat. Seperti halnya wisata Temajuk yang sudah lama di launching akan tetapi akses jalan dan jaringan internetnya masih belum memadai sehingga belum maksimal untuk menarik wisatawan," terangnya.


Sementara itu Riyan Perdiansyah Selaku Kabid Eksternal di KMKS menambahkan, jangan sampai KRS hanya riuh di media. KRS diharapkan harus memberikan peluang usaha baru untuk masyarakat sekitar khususnya. Peran dari Dinas Pariwisata di Sambas juga harus proAktif dalam mengelola Kebun Raya Sambas nanti.


"Inisiatif dari Pemda sekarang sudah sangat baik menurut kami, harapan Besar Kita bersama Kebun Raya Sambas bisa menjadi Seperti Kebun Raya Bogor untuk kedepannya, yang mana keberhasilan kebun raya Bogor sebagai lembaga Konservasi, Penelitian, Penunjang Pendidikan, dan Pariwisata. Semoga Kabupaten Sambas juga bisa seperti itu," katanya.


Untuk merealisasikan dan menampung keinginan dan harapan kita bersama seperti di atas Diperlukan Master Plan Kebun Raya Sambas yang komprehensif dan terintegrasi agar dua fungsi Kebun Raya.


"Ya sebagai pelestari tumbuhan dan pemenuhan kebutuhan masyarakat dalam usaha pemanfaatan sumber daya hayati secara berkelanjutan dapat diwujudkan," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini