-->

TP-PKK Memegang Peranan Penting Dalam Pembangunan

Editor: Admin author photo

Ket: Bupati Sambas H Satono saat melaksanakan pelantikan pengurus TP-PKK Kabupaten Sambas. Senin (11/10/2021) di Aula Kantor Bupati Sambas

Kabarsambas.com
-Bupati Sambas melaksanakan pengukuhan dan melantik kepengurusan Tim Penggerak PKK Kabupaten Sambas.


Pelantikan ini langsung dilakukan oleh Bupati Sambas H Satono. Senin (11/10/2021) di Aula Kantor Bupati Sambas.


Bupati Sambas H.Satono mengatakan TP PKK yang organisasinya sampai ke Desa-desa, memegang peranan penting dalam jalannya pembangunan.


"Salah satu fungsi kehadiran PKK yakni ambil bagian dan ikut membantu percepatan pembangunan, di daerah kita yang tercinta," tuturnya.


Satono juga mengingatkan seiring pergantian kepengurusan TP PKK hingga di tingkat Kecamatan tersebut, mestilah diikuti dengan semangat agar TP PKK Se Kabupaten Sambas semakin kompak dan sinergis.


"Saya berpesan dan mengingatkan kepada seluruh pengurus Kabupaten Kecamatan, hingga Desa yang ikut juga dalam bunda PAUD, untuk bersama-sama membangun sinergisitas kebersamaan, tidak ada lagi ketua lama dan baru yang ada hanya satu ketua," ungkapnya.


Kondisi tersebut kata Satono akan mengancam kesinambungan organisasi, terlebih TP PKK selalunya diisi oleh figur yang sangat berdedikasi untuk memajukan Kabupaten Sambas.


"Saya juga mengucapkan terima kasih kepada yang sudah menjabat sekian tahun dan kita berikan atensi atas dedikasinya dan apresiasi setinggi-tingginya tentu ibu-ibu senior ini yang telah banyak pengalaman dan membesarkan kita dari periode ke periode, Tentu kita minta mereka untuk tetap mendampingi yang baru dan mentransformasikan nilai-nilai positif,  bagaimana sikap para Kabupaten Sambas ini bisa berdaya saing dengan PKK yang ada di Kalimantan Barat," ujarnya.


Bupati juga mengatakan, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terkait dengan TP PKK juga mesti memanfaatkan keberadaan organisasi tersebut.


"Kita meminta kepada OPD yang memiliki keterkaitan dengan PKK untuk menentukan program program strategis karena PKK ini turunannya sampai ke desa-desa," Tutupnya.


Ketua TP PKK Kabupaten Sambas Yunisa Satono mengatakan TP PKK bertugas untuk menciptakan keluarga yang bahagia dan sejahtera.


"TP PKK dan Bunda Paud di Kecamatan dijabat oleh istri camat atau suami camat. Ketua tim penggerak PKK Kecamatan harus membina tim penggerak PKK desa yang ada di wilayahnya masing-masing agar terbina dan tercipta keluarga yang bahagia dan sejahtera," jelasnya.


TP PKK di Kecamatan dan Desa kata Yunisa, juga bertugas melakukan pembinaan terhadap Satuan Pendidikan Anak Usia Dini.


"Ketua tim penggerak PKK juga merupakan bunda PAUD di kecamatan masing-masing karenanya sudah menjadi tugas ibu-ibu yang baru saja dilantik untuk melakukan pembinaan terhadap PAUD," jelasnya.


Dirinya menekankan pentingnya memaksimalkan pendidikan pada anak usia dini melalui peran-peran yang bisa dilakukan oleh TP PKK dan Bunda Paud.


"Pendidikan pada anak adalah sangat penting pada usia dini, masa itu adalah masa dimana perkembangan fisik dan mental spiritual seorang anak akan mulai terbentuk, banyak yang mengatakan ini adalah masa golden age bagi anak-anak," terangnya.


"Terdapat terdapat 392 lembaga PAUD yang ada di Kabupaten Sambas dan menjadi tugas kita untuk mengembangkannya, melalui kebijakan pemerintah dari tingkat kabupaten Kecamatan tingkat Desa sampai ke tingkat dusun," Pungkasnya. (Sai) 

Share:
Komentar

Berita Terkini