-->

Pura-pura Sholat, Motor Jemaah Di Embat Di Mesjid Di Kecamatan Tebas

Editor: Admin author photo

Ket: Tersangka IL (35) bersama barang bukti sepeda motor curiannya saat diamankan di Mapolsek Tebas. 

Kabarsambas.com-Kepolisian sektor Tebas Resor Sambas berhasil mengamankan tersangka pencurian sepeda motor, berinisial IL (35) warga asal Pontianak yang bermukim di desa Sepinggan kecamatan Semparuk.


Kapolsek Tebas IPTU Ambril mengatakan penangkapan terhadap pelaku pencurian sepeda motor dilakukan pada Rabu di mesjid Al Manar di Jalan raya Tebas yang juga tempat pelaku melancarkan aksinya beberapa hari lalu.


Dijelaskan Kapolsek usai mendapat laporan dari warga atas kehilangan motor beberapa hari lalu, mereka langsung melakukan penyelidikan.


"Hasil penyelidikan yang kita dapatkan, bahwa tersangka akan melakukan transaksi jual beli dengan seorang pedagang bakso di Masjid Al Manar tempat tersangka mencuri motor," ujarnya.


Kapolsek mengungkapkan setelah memastikan ciri-ciri sepeda motor yang hendak dijual dan wajah si tersangka, pihaknya langsung melakukan penangkapan kepada tersangka tanpa ada perlawanan.


"Saat diperiksa, ternyata tersangka niatnya ingin mencuri lagi. Setelah transaksi selesai dilakukan dia ingin mengambil lagi sepeda motor yang lain ditempat yang sama," tuturnya.


Kemudian hasil pemeriksaan terhadap tersangka. Modus yang dilakukan IL saat beraksi, juga berpura-pura ikut melakukan ibadah sholat di mesjid.


"Pelaku ini dalam aksinya terlebih dahulu mengambil kunci sepeda motor yang disimpan didalam mesjid, karena saat pemilik sepeda motor sedang sholat kunci kontak sepeda motor biasanya disimpan di samping didinding ujung shaf mesjid," jelasnya.


"Jadi inilah yang dimanfaatkan oleh pelaku, terlebih dahulu mengambil kunci kontak sepeda motor. Kemudian melarikan sepeda motor tersebut,"tambahnya.


Atas perbuatannya lanjut Ambril, tersangka terancam hukuman penjara lima tahun sesuai pasal 362 KUHP tentang pencurian.


Diketahui aksi pencurian sepeda motor di lakukan oleh pelaku IL, membawa kabur sepeda motor jenis Honda Beat warna biru, pada Senin (11/10/2021) malam, dengan modus berpura-pura menjalankan ibadah sholat. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini