-->

Maulud Nabi Muhammad SAW, Momentum Ummat Muslim Perbanyak Shalawat

Editor: Admin author photo

Ket: Ustadz Atbah Romin Suhaili LC MH saat menyampaikan tausiah di mesjid Al Kausar desa Lumbang Kecamatan Sambas. Sabtu Malam (23/10/2021)

Kabarsambas.com-Maulud Baginda Nabi Muhammad SAW merupakan momentum yang tepat bagi ummat muslim memperbanyak shalawat. 


Hal ini disampaikan Pimpinan Rumah Quran Akhlak Mulia Sambas, Ustadz H Atbah Romin Suhaili Lc MH, saat memberikan tausyah di Masjid Al Kausar Dusun Keramat Desa Lumbang Kecamatan Sambas, Sabtu Malam (23/10/2021)


Memperingati hari lahirnya Baginda Rasul SAw kata Atbah minimal ada tiga hal yang harus ditingkatkan ummat muslim. 

"Sebagai kecintaan kita kepada Baginda Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam, yang pertama mari kita jadikan peringatan maulid ini untuk memperbanyak shalawat," ujar Ust Atbah. 


Dia menyebutkan, bershalawat untuk Rasul Shalallahu Alaihi Wassalam mempunyai keutamaan yang besar. Bahkan Allah dan Malaikat-Nya terang Bupati Sambas periode 2016-2021 ini juga bershalawat kepada Nabi.

"Allah tidak sholat, tidak puasa, tetapi dalam riwayat hadist, Allah dan Malaikat-Nya bershalawat kepada baginda Rasul SAW. Ini menunjukkan bershalawat kepada Nabi Muhammad, mempunyai keunggulan dan keutamaan tersendiri di Sisi Allah Subhanahu Wa Ta Ala," katanya.



Dia juga menjelaskan beberapa keutamaan dan manfaat bershalawat, diantaranya sebagai bentuk mengamalkan perintah Allah Subhanahu Wa Ta Ala, mendapatkan sepuluh kali lipat shalawat dari Allah Subhanahu Wa Ta Ala.

Bahkan diungkapkan Ust Atbah, orang yang bershalawat diangkat derajatnya, ditulis baginya sepuluh kebaikan dan dihapuskannya sepuluh keburukannya.



 "Bershalawat juga menjadi salah satu sebab mendapatkan syafaat Nabi Shalallahu Alaihi Wassalam, dicukupkan kebutuhan kita oleh Allah dan diampuni dosa kita. Dan bershalawat, menunjukkan akan kedermawanan seorang muslim," katanya.

Momentum Maulud, disebutkan Atbah, bagian dari kita sebagai ummat untuk bersemangat menghidupkan sunnah Nabi. Diterangkan dia, Allah Subhanahu Wa Ta Ala sudah menegaskan bahwa didalam diri Baginda Rasul Shalallahu Alaihi Wassalam terdapat Suri Teladan yang baik. 


"Al Quran adalah akhlaknya Rasul. Mari kita peringati hari kelahiran baginda rasul dengan bersemangat meniru Rasul Shalallahu Alaihi Wassalam. Bagaimana cara Beliau memperlakukan istri, anak-anak, para sahabat. Banyak sunnah-sunnah rasul yang bisa kita tingkatkan lagi kualitas praktinya bagi kita," sebutnya.


Hal ketiga yang diingatkan Pimpinan Rumah Quran Akhlak Mulia Sambas ini, jangan sekali-kali menghina, merendahkan dan melecehkan Rasulullah Shallahu Alaihi Wassalam. Atbah membeberkan kasus orang-orang yang telah menghina, merendahkan dan melecehkan Baginda Rasulullah. 


"Allah akan membinasakan siapa-siapa saja yang menghina Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam. Sudah banyak contohnya, dan kita sebagai ummat muslim, jangan sampai kita merendahkan Nabi kita," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini