-->

Launching Program Layanan Adminduk, Perekaman e KTP Bisa Di Kantor Kecamatan

Editor: Admin author photo

Ket: Bupati Sambas H Satono saat meresmikan peluncuran program layanan administrasi kependudukan. Jumat (1/10/2021)

Kabarsambas.com-Kabupaten Sambas secara resmi meluncurkan program layanan administrasi dan data kependudukan di Kantor Kecamatan.


Peluncuran program tersebut dihadiri langsung Bupati, Wakil Bupati, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Kalimantan Barat, Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Sambas, Ketua DPRD Kabupaten Sambas serta Wakil Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Sambas. Jumat (1/10/2021) di Kantor Kecamatan Tebas.


Bupati Sambas, H.Satono mengatakan data kependudukan yang lengkap dan valid, sangat diperlukan dalam upaya pembangunan.


"e Ktp, Kartu Keluarga, akta dan berbagai dokumen kependudukan lainnya, ini sangat mempengaruhi proses pembangunan sambas kedepan yang lebih berkemajuan," katanya.


Pembuatan identitas dan kartu kependudukan yang dilakukan di kantor kecamatan akan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Ini merupakan satu diantara penerapan visi misi Sambas berkemajuan.


"Ini bukan sekedar memenuhi janji atau visi misi, tapi lebih mendekatkan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Sambas agar mereka tidak terbebani karena jarak yang jauh, dan ini adalah pencanangan program strategis kami yang kedua setelah sebelumnya kita melaunching pelayanan kesehatan gratis prosesar," ujarnya.


Program tersebut sangatlah penting mengingat Kabupaten Sambas memiliki luas wilayah 6.395,70 km² atau 639.570 ha 4,36% dari luas wilayah Provinsi Kalimantan Barat, terlebih dengan kondisi topografi daerah yang sangat beragam disertai banyaknya aliran sungai sungai.


Sehingga jika untuk mengurus data kependudukan harus pergi ke Ibukota Kabupaten sangatlah memberatkan masyarakat.


"Kita bisa bayangkan dari daerah-daerah yang jauh seperti Kecamatan paloh dan Kecamatan Kecamatan lainnya sangat jauh dalam hal kepengurusan data kependudukan, program strategis ini tidak akan bisa berjalan lancar kalau tidak didukung oleh seluruh komponen, terutama oleh anggota DPRD kemudian juga camat. InshaAllah apa yang kita kerjakan tersebut akan mendapatkan ganjaran dan ridho Allah SWT," tutupnya.


Ditempat yang Sama Kepala Disdukcapil Kalbar, Yohanes mengatakan Kabupaten Sambas saat ini merupakan daerah dengan capaian pencetakan e KTP tertinggi di Kalimantan Barat.


"Kabupaten sambas data wajib ktp elektronik sudah mencapai 96,6 persen dan ini capaian terbaik di Kalbar.

Demikian juga pemberian akta kepada anak telah mencapai 82,8 persen," ungkap Kepala Dinas.


Ditambah dengan semakin didekatkannya pelayanan kepada masyarakat lanjut Yohanes, dia meyakini pencapaian pencatatan data kependudukan Kabupaten ini akan meningkat.


"Kita berharap dengan launching hari ini dapat meningkatkan capaian pencatatan dan pembuatan KTP e dan akta kependudukan serta lainnya, kami atas nama pemprov kalbar memiliki tugas dan fungsi pembinaan sangat mendukung dan mengapresiasi program yang dilaunching pada hari ini," katanya.


Sementara Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sambas, Hj.Wahidah, pihaknya meyakini pelayanan pencatatan sipil di tingkat kecamatan akan bisa dilaksanakan dengan lancar.


"Sesuai keputusan Bupati Sambas tentang penunjukan camat sebagai pelaksana adminduk di kecamatan, pelayanan di kecamatan diperbolehkan dengan membentuk yang bertugas memfasilitasi pengumpulan data dan informasi," ungkapnya.


Pelayanan adminduk di tingkat kecamatan kata Hj. Wahidah, mencakup banyak item, namun beberapa pelayan masih dilakukan di Kantor Disdukcapil Kabupaten.


"Terdapat 24 item adminduk yang dilaksanakan pada tingkat kecamatan, pada saat ini yang tidak dapat dicetak langsung adalah KTP dan KIA, pencatatan bisa dilaksanakan di kecamatan namun pencetakan tetap harus di Kabupaten," ungkapnya.


Dia juga berpesan agar pelayanan adminduk di kantor kecamatan dilakukan dengan baik dan harus bebas pungli.


"Kami juga minta kepada staf kecamatan jika terdapat permasalahan di bidang pelayanannya, untuk dapat berkonsultasi sesuai bidangnya kepada disdukcapil di Kabupaten Sambas. Kita juga menegaskan semua harus menjaga citra pemerintah Sambas Berkemajuan jangan ada pungli dan berikan pelayanan maksimal sepenuh hati," Pungkasnya. (Sai)


Share:
Komentar

Berita Terkini