Prosesar dan Layanan KB Gratis Sasar Desa Pusaka

Editor: Admin author photo

Ket: Bupati Sambas H Satono bersama dengan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sambas Ferdinan Syolihan saat pelaksanaan Program Sehat Satono Rofi (Prosesar) dan Layanan KB Gratis di Desa Pusaka Kecamatan Tebas, Selasa (31/8/2021)


Kabarsambas.com
- Pemerintah kabupaten Sambas menggelar Program Sehat Satono Rofi (Prosesar) dan Layanan KB Gratis.


Acara yang dilaksanakan di Desa Pusaka Kecamatan Tebas, Selasa (31/8/2021) ini dihadiri langsung oleh Bupati Sambas H Satono dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sambas Ferdinan Syolihan.


Bupati Sambas, H Satono mengatakan Pembangunan Kependudukan Dan Keluarga Berencana adalah upaya mewujudkan sinergi, sinkronisasi, dan harmonisasi pengendalian kuantitas, peningkatan kualitas, pembangunan keluarga, penataan persebaran dan pengarahan mobilitas.


"Ini sejalan dengan visi misi pembangunan kab sambas saat ini, tepatnya berkaitan dengan misi ke 3 yaitu meningkatkan kualitas SDM yang intelektual, kreatif, inovatif, dan berdaya saing," ungkapnya.


Bupati menyebutkan Pembangunan Kependudukan dan KB selaras mendukung program unggulan ke 1, program bentuk iman atau pembentukan insan madani dan ke 7, program peningkatan akses layanan pendidikan dan kesehatan. 

 

"Hal ini juga merupakan langkah strategis untuk menjamin program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana atau bangga kencana dapat terlaksana dengan baik, sehingga menjadi pendukung keberhasilan program berkemajuan di kabupaten sambas," tuturnya.


H Satono menegaskan, Pemda terus berupaya menguatkan penyiapan SDM yang berkualitas. Diterangkan Bupati, momentum pelayanan prosesar dan layanan KB Gratis sebagai bagian untuk mempersiapkan SDM Kabupaten Sambas yang kuat dan berkualitas.


"Program KB ini bagian dari upaya kita sayang pada diri kita, kita memberikan perhatian lebih pada generasi kita dan kasih sayang pada kaum perempuan kita. Diharapkan ada sinergi semua komponen untuk menguatkan pembangunan SDM Kabupaten Sambas," jelasnya.



Sementara Kadis Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Sambas, U Hendi Wijaya SKM MPH mengungkapkan gelaran layanan Program Sehat Satono Rofi Prosesar dan pelayanan KB gratis menyasar Desa Pusaka Kecamatan Tebas merupakan upaya pemerintah untuk mewujudkan keluarga berkualitas dan pertumbuhan penduduk yang seimbang, melalui pelayanan keluarga berencana.


"Pelayanan KB adalah upaya mengatur kelahiran anak, jarak dan usia ideal melahirkan, mengatur kehamilan, melalui promosi, perlindungan, dan bantuan sesuai dengan hak reproduksi, termasuk penanganan efek samping dan komplikasi," jelasnya.


Tujuan penting dilaksanakannya program Keluarga Berencana terang Kadis P3AP2KB, diantaranya membentuk keluarga kecil sejahtera, sesuai dengan kondisi ekonomi keluarga dan mencegah terjadinya pernikahan di usia dini.


"Tujuan lain dari program keluarga berencana yakni Menekan angka kematian ibu dan bayi akibat hamil di usia yang terlalu muda atau terlalu tua, atau akibat penyakit sistem reproduksi dan menekan jumlah penduduk serta menyeimbangkan jumlah kebutuhan dengan jumlah penduduk di indonesia," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini