-->

Figo Aspirasi Sosialisasi Kepastian Hukum Status Kewarganegaraan

Editor: Admin author photo

Ket: Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sambas, Lerry Kurniawan Figo  bersama dengan Sekda Sambas, Dandim 1202 Sambas saat mengikuti seminar layanan kewarganegaraan yang dilaksanakan kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Kalimantan Barat. Selasa (7/9/2021)


Kabarsambas.com-Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sambas, Lerry Kurniawan Figo SH MH mengapresiasi seminar layanan kewarganegaraan yang dilaksanakan kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Kalimantan Barat.


Seminar yang mengangkat tema peningkatan pemahaman layanan status kawarganegaraan untuk memperoleh kepastian hukum pasti nyata di kabupaten sambas ini terselenggara berkat kerjasama Kanwil Kemenkumham Kalbar dan Disdukcapil Kabupaten Sambas. Selasa (7/9/2021) di Hotel Pantura Sambas.


Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sambas, Lerry Kurniawan Figo mengatakan sosialisasi yang dilaksanakan merupakan hal yang penting terutama untuk meningkatkan pemahaman masyarakat atas status kewarganegaraan.


"Tentu kami menyambut baik dan mengapreasisi sosialisasi yang dilaksanakan, dengan sosialisasi ini dapat meningkatkan pemahaman masyarakat atas status kewarganegaraan," katanya.


Kabupaten Sambas disampaikan Legislator Nasdem ini merupakan daerah perbatasan. Dan tidak sedikit warga Sambas yang  tinggal di Malaysia hingga ke anak-anaknya sekolah di Malaysia bahkan ada juga warga  yang telah melakukan perkawinan campuran di Indonesia dan Malaysia. Kondisi tersebut  perlu kepastian hukum status kewarganegaraan yang jelas karena menyangkut pemenuhan hak dan kewajiban mereka sebagai warna negara.


"Ya, banyak warga negara kita yang tinggal dan melakukan pernikahan campuran di malaysia sehingga anak-anaknya sekolah di Malaysia. Mereka harus mempunyai kepastian hukum, dikarenakan ini menyangkut pemenuhan hak dan kewajiban mereka sebagai warga negara yang diatur dalam UU No 12 tahun 2006, dimana merupakan tugas negara melalui pemerintah untuk memberikan pelayanan dan perlindungan kepada mereka," ujarnya.


Figo juga mengatakan sosialisasi yang dilakukan merupakan langkah baik dalam meningkatkan kerjasama antara Kanwil Kemenkumham provinsi Kalbar dan Pemerintah Kabupaten Sambas dalam memberikan perlindungan kepastian hukum kepada masyarakat Kabupaten Sambas.


"Tentu, melalui sosialisasi ini kita berharap terjalin kerjasama yang semakin baik antara Kanwil Kemenkumham provinsi dan Pemda Sambas dalam memberikan pelayanan dan perlindungan kepastian Hukum kepada masyarakat di Kabupaten Sambas," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini