Pemda Sambas Resmi Launching Pelayanan Berobat Gratis

Editor: Admin author photo

Ket: Bupati Sambas H. Satono dan Wakil Bupati Sambas Fahrur Rofi saat menjenguk pasien RSUD Sambas pasca melaunching Program Sehat Satono-Rofi (Prosesar) Pelayanan Rawat Inap Gratis Kelas III. Selasa (17/8/2021) di RSUD Sambas

Kabarsambas.com
-Pemerintah Kabupaten Sambas melaunching Program Sehat Satono-Rofi (Prosesar) Pelayanan Rawat Inap Gratis Kelas III.


Bupati Sambas H. Satono melaksanakan peresmian Program Prosesar dan dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Sambas Fahrur Rofi, Ketua DPRD Sambas H.Abu Bakar, Forkompinda Sambas. Selasa (17/8/2021) di RSUD Sambas.


Program tersebut diperuntukkan untuk pelayanan rawat inap gratis bagi pasien kelas III, di RSUD yang ada di Kabupaten Sambas. Kata dia, program itu diperuntukkan bagi keluarga tidak mampu yang belum memiliki BPJS Penerima Bantuan Iuran (PBI). 


Bupati Sambas, H. Satono mengatakan program itu adalah salah satu visi misi unggulan Satono-Rofi saat kampanye pada  Pilkada 2020 kemarin, dan akan segera terwujud.


"Kita khawatir dengan meninggalkan generasi yang lemah, baik itu dari segi kesehatan maupun perekonomian. Karenanya kita luncurkan program berobat gratis pada hari ini, program tersebut satu diantara misi kami yang disampaikan pada saat pilkada kemarin. Dan Alhamdulillah memasuki dua bulan masa kepemimpinan kami sudah mulai berjalan. Salah satunya adalah yang kita launching pada hari ini," ujarnya.


Bupati menyampaikan untuk mensukseskan program tersebut. Pihaknya sudah menyiapkan tiga rumah sakit milik pemerintah daerah untuk melaksanakan program tersebut.


"Insyaallah, pasca kita launching nanti ada tiga rumah sakit milik pemerintah daerah yang melaksanakannya di Kabupaten Sambas. Tolong para direktur laksanakan program mulia ini untuk betul-betul membantu masyarakat Kabupaten Sambas, sebab sebagus apapun program yang kita luncurkan, jika tidak ada sinergitas antar petugas yang ada di rumah sakit maka tidak mungkin program ini bisa berjalan dengan baik," tuturnya.


Bupati juga berharap agar program Prosesar itu bisa dilakukan dan diaplikasikan dengan baik.


"Program ini tolong dilaksanakan dengan baik, demi mewujudkan Sambas baru berkemajuan. Dan kita berterimakasih kepada DPRD yang sudah mendukung pelaksanaan program ini," jelasnya.


Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas, dr Fatah Maryunani mengatakan Program Sehat Satono-Rofi (Prosesar) yang baru saja dilaunching adalah sebagai upaya untuk mengcover kurang lebih 37 persen masyarakat Sambas yang belum terdaftar di JKN KIS.


Upaya ini  merupakan langkah pemda untuk tetap memberikan perlindungan dan jaminan kesehatan kepada masyarakat.


"Pelayanan ini kita launching karena masyarakat kita yang terdaftar di JKN baru sekitar 63 persen. Karenanya perlu program untuk mencover masyarakat yang belum terdaftar di JKN," tuturnya.


Dirinya menjelaskan selain itu program kesehatan gratis ini juga merupakan satu diantara visi misi dari Bupati Sambas yang baru.


"Ini salah satu program unggulan dari Satono-Rofi. Dan bagaimanapun program ini mesti bisa dilaksanakan untuk bisa mengcover masyarakat yang belum terdaftar di JKN KIS," katanya


Pada tahap awal kata Kadis Kesehatan, Pemda sudah menyiapkan tiga rumah sakit milik pemerintah daerah yang akan digunakan untuk menerima dan merawat pasien kelas III.


"Untuk progam ini akan berlaku di di semua Rumah Sakit milik daerah yang ada di Kabupaten Sambas. Seperti RSUD Sambas, RSUD Pemangkat dan RS Pratama Teluk Keramat," ungkapnya.


Pasca dilaunching dalam waktu dekat mesti sudah berjalan seperti yang diinginkan oleh Bupati dan Wakil Bupati Sambas.


"Ya, program ini yang kita laksanakan, besok mesti sudah berjalan. Dan jika ada kendala kita perbaiki, karena masyarakat kita yang tergolong kurang mampu mesti mendapatkan bantuan dan perhatian dari pemerintah daerah," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini