-->

Melantur Fishing Club Desa Sepinggan Selenggarakan Lomba Mancing Udang di Sungai Semparuk Sebangku

Editor: Admin author photo

Ket: Melantur Fishing Club (MFC) Desa Sepinggan menyelenggarakan lomba Mancing Udang Rangga di Sungai Semparuk Sebangku. Minggu (29/8/2021).


Kabarsambas.com
-Sebanyak 200 peserta ikut meramaikan lomba mancing udang di sungai semparuk sebangkau tingkat Kabupaten Sambas.


Lomba mancing udang Ranggah ini dilaksanakan oleh Melantur Fishing Club (MFC) Desa Sepinggan. Minggu (29/8/2021).


Panitia Gajik Season I, Long Edos mengungkapkan event lomba mancing udang yang pihaknya selenggarakan sebagai ajang edukasi kepada masyarakat agar tidak menggunakan racun untuk menangkap udang dan ikan. Disampaikan Edos bahwa Sungai Semparuk Sebangkau masih bersih dan terjaga kelestariannya.


“Ya, kita ingin masyarakat sadar pentingnya menjaga kelestarian alam terutama aliran sungai. Dimana kita juga berikan edukasi kepada masyarakat agar tidak menangkap udang dengan racun. Alhamdulilah kita lihat sendiri bukti bahwa Sungai Semparuk Sebangkau ini masih terjaga kelestariannya dan itu harus kita jaga bersama,” ungkapnya.


Untuk pendaftaran lomba mancing udang galah kata Edos telah dibuka sejak 12 Juli sampai 22 Agustus. Dimana sebanyak 200 peserta mendaftarkan diri untuk ikut lomba memancing di Sungai Semparuk Sebangkau hari ini.


"Untuk biaya pendaftaran sebesar Rp.120 ribu perorang, perlombaan mancing udang galah tingkat kabupaten itu menarik perhatian masyarakat sekitar. Dimana masyarakat juga antusias menonton dan memberikan dukungan kepada peserta dari tepian sungai," jelasnya.


Untuk hadiah yang diberikan panitia kepada Juara I berupa uang tunai Rp. 2 juta rupiah ditambah trofi dan piagam, Juara II Rp. 1 juta rupiah ditambah trofi dan piagam, Juara III Rp. 500 ribu rupiah ditambah trofi dan piagam, Juara IV trofi dan piagam, kemudian kategori udang terbanyak diberi hadiah uang tunai Rp. 500 ribu ditambah trofi dan piagam.


Selain hadiah uang tunai ditambah trofi dan piagam, pihaknya juga menyediakan door prize bagi peserta yang tidak dapat udang.


“Untuk sampan peserta juga sudah kami sediakan. Jadi setiap peserta bebas memilih spot dimanapun mereka mau menjatuhkan mata pancingnya. Setiap peserta hanya boleh membawa lima joran atau gelendog. Mereka tidak diperbolehkan memakai umpan getah inggu,” jelasnya.


Pelaksanaan event lomba mancing udang galah ini disampaikan Edos adalah sebagai pengingat bagi setiap orang terutama para penghobi mancing agar menjaga kelestarian Daerah Aliran Sungai (DAS). Sungai yang menjadi habitat udang galah adalah sungai yang bersih dan tidak tercemar.


Pihak juga berterimakasih kepada para sponsor, para klub mancing se-Kabupaten Sambas yang telah berpartisipasi dalam event tersebut dan kepada masyarakat yang turut memeriahkan.


"Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Barisan Keamanan Masyarakat Sepinggan (Barkemas) yang telah membantu panitia mejaga keamanan dan ketertiban selama acara berlangsung," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini